Yogurt dan Manfaatnya Bagi Tekanan Darah

Yogurt dan Manfaatnya Bagi Tekanan DarahYogurt.

Selain baik untuk pencernaan, ternyata yogurt juga memiliki manfaat lain. Sebuah studi baru menemukan bahwa yogurt membantu menjaga kadar tekanan darah.

Yogurt merupakan produk susu yang dihasilkan oleh bakteri fermentasi susu. Bakteri yang digunakan untuk membuat yogurt dikenal sebagai “yogurt cultures”.

Loading...

Fermentasi laktosa oleh bakteri menghasilkan asam laktat, yang bekerja pada protein susu untuk memberikan yogurt tekstur dan karakteristiknya.

Yogurt dikenal memiliki komponen gizi yang dapat membawa manfaat bagi kesehatan. Sekarang, sebuah studi baru menemukan beberapa hubungan antara kadar tekanan darah dan konsumsi makanan ini.

Dr. Aliza menjelaskan bahwa berdasarkan analisis yang dibawakan pada bulan September dalam pertemuan tahunan dari American Society of Hypertension Research yang tahun ini diadakan di Washington – Amerika Serikat, mereka yang mengkonsumsi seporsi yogurt rendah lemak setiap tiga hari sekali memiliki risiko 31 persen lebih rendah menderita tekanan darah tinggi.

Ingat bahwa tekanan darah harus disimpan dalam nilai tertentu untuk dianggap normal atau diterima: untuk orang dewasa tekanan saat beristirahat berkisar antara 120 dan 80 maksimum atau tekanan sistolik atau minimum diastolik. Jika tidak, itu bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama jantung.

READ:  Homeopati, Apakah itu?

Untuk mencapai kesimpulan, kelompok peneliti di Universitas Tufts di Boston, menganalisis data dari 2.100 orang dewasa selama 15 tahun.

Temuan dari penelitian ini (disponsori oleh Framingham Heart Study dari Institut Nasional Jantung, Paru dan Darah, dan Perusahaan Dannon, produsen susu), ditambah dengan studi sebelumnya yang telah menunjukkan bahwa konsumsi susu rendah lemak berkaitan dengan kadar tekanan darah, termasuk diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

Diet DASH telah dikenal selama lebih dari satu dekade, yang merekomendasikan antara lain: mengkonsumsi beberapa porsi buah-buahan dan sayuran dan tiga porsi susu rendah lemak setiap hari.

Selain itu, kontribusi ini menunjukkan pentingnya minum susu rendah lemak dalam diet, tidak hanya untuk mengurangi tekanan darah, tetapi juga karena nutrisi yang dikandungnya, di antaranya kalsium yang penting untuk kesehatan tulang, protein dan nutrisi lain seperti kalium dan magnesium.

Apakah Anda telah memenuhi asupan harian susu yang dianjurkan? Pedoman gizi dari Pemerintah Amerika Serikat menganjurkan untuk minum susu setiap hari. Jumlahnya sendiri bervariasi, sesuai dengan usia.

READ:  Ubah Kebiasaan, Cegah Kanker Serviks Sejak Dini!

Sebagai contoh, anak berusia 9 tahun, remaja dan orang dewasa harus mengkonsumsi tiga porsi susu dalam sehari, yang dapat berupa 1 cangkir susu atau yogurt, 1 hingga 1,5 ons (40 gram) keju alami atau 2 ons (56 gram) keju olahan.

Akan tetapi, anak-anak berusia 2 hingga 3 tahun hanya membutuhkan 2 porsi susu dalam sehari, dan anak-anak berusia antara 4 hingga 8 tahun membutuhkan 2,5 porsi.

Pemilihan yogurt (atau seporsi susu) juga sangat penting, apakah rendah lemak atau tanpa lemak. Jika Anda ingin mengurangi berat badan misalnya, Anda dapat memilih yogurt tanpa lemak dan tanpa pemanis yang lebih sehat untuk memenuhi kebutuhan kalsium, protein dan juga mendapatkan manfaat tambahan bagi tekanan darah.

Jadi yogurt mana yang jadi pilihan Anda nanti?

(foto: static.ddmcdn.com)