Mengenal Nevirapine

NevirapineNevirapine

Nevirapine adalah resep obat yang disetujui untuk digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk perawatan terhadap HIV dan AIDS.

Nevirapine tidak dimaksudkan untuk digunakan sendiri. Sebaliknya, ia digunakan sebagai bagian dari kombinasi obat tertentu. Kombinasi ini biasanya terdiri dari tiga atau empat (atau kadang-kadang lima) obat HIV yang berbeda (secara teknis dikenal sebagai highly active antiretroviral therapy, disingkat HAART). Menggunakan kombinasi obat membantu untuk mencegah virus menjadi resisten terhadap satu obat atau lebih.

Loading...

Nevirapine memiliki beberapa interaksi obat karena diubah menjadi senyawa aktif oleh enzim hati. Beberapa obat meningkatkan atau menurunkan aktivitas enzim. Sebaliknya, nevirapine mempengaruhi pemecahan obat lain oleh hati.

Nevirapine dapat merusak hati, dan studi menunjukkan ini lebih mungkin pada orang dengan jumlah CD4 yang tinggi (sel-sel kekebalan tertentu dalam kadar tinggi). Nevirapine tidak seharusnya dimulai pada wanita dengan jumlah sel CD4 lebih tinggi dari 250 sel/mm3 atau pada pria lebih tinggi dari 400 sel/mm3.

Bagaimana Nevirapine Bekerja?

Nevirapine merupakan kelompok obat HIV yang dikenal sebagai non-nucleoside reverse transcriptase inhibitor (NNRTI). Ia bekerja dengan menghalangi proses yang virus HIV perlukan untuk berkembang biak.

READ:  Nikmatnya Secangkir Teh Lidah Buaya

HIV mengubah materi genetiknya dengan menggunakan protein khusus yang disebut enzim reverse transcriptase. Untuk membuat DNA, enzim ini menggunakan blok bangunan beberapa protein yang berbeda.

Nevirapine bekerja dengan melekat pada enzim reverse transcriptase, menghentikannya dari membuat DNA. Tanpa DNA, HIV tidak dapat berkembang biak. Nevirapine bukanlah obat untuk HIV atau AIDS. Ia hanya dapat membantu menghentikan HIV agar tidak menginfeksi sel lain dalam tubuh, tetapi tidak membantu sel-sel yang telah terinfeksi virus.

Penggunaan Nevirapine pada Anak

Nevirapine disetujui untuk digunakan pada anak-anak berusia 15 hari. Bicarakan dengan dokter anak Anda tentang manfaat dan resiko dari penggunaan nevirapine pada anak-anak.

(photo: wellcomeimages.org)