Tips Perawatan Motor Setelah Kebanjiran

motor terkena banjirPerawatan motor setelah terkena banjir

Saat musim hujan tiba apalagi saat banjir mulai menggenangi jalan, yang selalu diwaspadai untuk motor kita adalah bagaimana agar mesin tidak dimasuki oleh air. Karena bila hal itu sampai terjadi, maka siap-siaplah dengan urusan masuk bengkel untuk service motor.

Pada umumnya motor paling rewel bila sudah kemasukan air. Itu untuk urusan mesin. Belum lagi bila kabel-kabelnya bermasalah atau pada sistem kelistrikannya. Dan terakhir yaitu pada urusan bodi motor yan g tentunya kualitas mulai berkurang dan korosi mulai menghampiri setiap sudut besi motor.

Loading...

Nah, bila hal seperti di atas pernah terjadi kepada motor Anda, jangan takut. Selalu ada solusi untuk menyelesaikannya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi motor yang sudah terkena dampak banjir.

1. Motor yang terendam air karena banjir haram hukumnya untuk langsung dinyalakan. Apalagi saat masih basah. Wajib untuk Anda membersihkan dan mengeringkan motor, utamanya bagian kelistrikannya. Misalnya, CDI, aki dan beberapa bagian lainnya yang terkait dengan aliran listrik. Keringkan semua bagian itu.

READ:  Sisi Lain Teknologi Injeksi Pada Sepeda Motor

2. Untuk urusan mesin, bongkar saja tempat aliran bensin dan udara bercampur. Bisa jadi ada air di dalamnya. Hal ini bisa menyebabkan motor tidak mau menyala. Bagian ini, si karburator, bisa Anda bersihkan dengan cara membongkarnya. Namun bila yakin tidak air di dalamnya lagi, cukup dengan mengeluarkan bensin yang ada di bagian itu saja hingga kosong.

3. Bagian lain yang rentan akan air adalah sistem pengereman. Apalagi bila motor Anda bukan cakram. Rem cakram pun sebenarnya juga bisa bermasalah. Tapi baiknya Anda keringkan saja dengan angin kompresor di bengkel. Mengapa harus dikeringkan? Rem motor yang dimasuki air akan tidak bekerja maksimal. Air yang ada di dalamnya menghambat proses penggesekan rem agar motor bisa berhenti.

4. Di bagian dalam mesin, perlu Anda perhatikan juga soal oli motor. Motor yang sudah terendam banjir harus diganti olinya. Jangan sampai ada air bercampur oli dalam mesin Anda. Karena jika hal itu terjadi, maka mesin motor bisa karatan. Pastikan semua oli lama sudah keluar, setelah itu ganti dengan yang baru.

READ:  3 Cara Hilangkan Embun di Bagian Headlamp

5. Jangan lupa rantai motor. Karat bisa menyelimuti rantai motor Anda bila sudah terendam banjir. Dan akan sangat cepat terjadi bila tidak dibersihkan. Seperti yang Anda ketahui, air banjir sangat penuh dengan kotoran penyebab besi karatan.

6. Nah, setelah semua bagian dibersihkan, terakhir yaitu bagian luarnya. Cuci sampai bersih bodi motor agar warna tidak rusak dan pudar. Kalau memungkinkan pakai sampo yang khusus untuk motor.

Semoga tips perawatan motor setelah kebanjiran bermanfaat buat Anda 🙂

(photo: hellohelmet.com)