Mengenal Demam Berdarah dan Cara Mengatasinya

nyamuk demam berdarahNyamuk Aedes aegypti salah satu penyebab demam berdarah

Demam berdarah adalah salah satu penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini masuk ke dalam peredaran darah tubuh manusia melalui nyamuk sebagai perantaranya. Nyamuk Aedes aegypti adalah salah satu jenis nyamuk yang paling banyak menyebabkan seseorang terjangkit demam berdarah.

Banyak orang yang masih awam mengetahui tentang demam berdarah, nanti ketika ada seorang anggota keluarga yang terkena efek yang sudah parah baru kita memahami jenis penyakit ini. Penting untuk mengetahui gejala penyakit demam berdarah agar dapat membantu dan menolong orang yang terkena penyakit ini.

Loading...

Tanda – tanda terkena demam berdarah.

  1. Mengalami demam tinggi hingga  38 derajat  celcius lebih selama 2-7 hari. Demam tersebut juga tidak dapat diturunkan menggunakan obat penurun panas atau dengan cara dikompres.
  2. Terasa nyeri pada seluruh persendian tubuh, seperti sakit nyeri, pegal dan linu. Pada anak – anak biasanya ditandai dengan rewel yang tidak henti karena mereka tidak dapat mengatakan rasa sakit yang mereka alami.
  3. Nyeri pada perut dan belakang mata, serta mengalami mual. Bila terjadi pada anak – anak, maka sebagai orang tua harus mewaspadai gejala ini.
  4. Muncul bintik – bintik merah pada kulit. Bintik – bintik merah ini berbeda dari gejala gigitan nyamuk karena bintiknya tidak hilang walaupun ditekan menggunakan jari.
  5. Mengalami  leukopenia yaitu penurunan jumlah sel darah putih. Namun hal ini hanya dapat diketahui melalui penelitian melalui penelitian di laboratorium.
  6. Sulit buang air besar dan mengalami diare.
  7. Terjadi mimisan, gejala ini adalah pertandap enyakit demam berdarah (DBD) yang sudah tahap parah.
READ:  10 Manfaat Sehat Buah Mangga Segar

Sebaiknya segera konsultasikan pada dokter bila ada anggota keluarga kita yang mengalami gejala – gejala seperti diatas.

Cara mengatasi demam berdarah

Mengatasi penyakit demam berdarah sebaiknya langsung penanganan dokter, terlebih bila telah masuk pada stadium parah. Namun bila  jeli dan bisa membaca gejala penyakit tersebut akan diderita oleh keluarga Anda maka Anda dapat mengatasi demam berdarah lebih dini.

1. Jus jambu biji

Jus jambu biji dapat menjadi pilihan untuk pengobatan terhadap penderita demam berdarah, sebab  kandungan vitamin C di dalam jambu biji sangat tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan virus di dalam tubuh.

2. Makanan bergizi

Saat sedang mengalami demam biasanya orang akan mengalami kekurangan selera makan. Sehingga orang yang sedang sakit cenderung akan malas makan. Nah sebagai keluarga penderita sebaiknya selalu memberikan keluarga yang sakit dengan makanan yang bergizi dan bervitamin tinggi. Hal ini bertujuan untuk menjaga stamina tetap terjaga dan membercepat proses penyembuhan.

3. Memperbanyak minum air putih

READ:  Buah Pare Dapat Menghambat Sel Kanker Pankreas

Tubuh manusia mengandung air sekitar 80 %, sehingga tubuh memerlukan cairan sekitar 2 liter perhari untuk menjaga daya tahan tubuh.

Cara mencegah serangan demam berdarah

Siapa saja bisa terkena penyakit demam berdarah, yang mesti kita lakukan adalah mencegah agar tidak terkena penyakit berbahaya tersebut dengan memberantas kehidupan nyamuk penyebab demam berdarah dan mencegah gigitan pada kulit kita. Sebaiknya menutup semua tempat penampungan air untuk mencegah nyamuk Aedes aegypti berkembang biak.

(Photo : rimanews.com)