Penyebab Hipotiroid

tiroidTiroid

Ketika tiroid Anda tidak memproduksi hormon yang cukup, keseimbangan reaksi kimia dalam tubuh Anda bisa terganggu. Ini bisa terjadi karena beberapa penyebab, termasuk penyakit autoimun, pengobatan untuk hipertiroid, terapi radiasi, operasi tiroid dan obat-obatan tertentu.

Tiroid merupakan kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak di dasar bagian depan leher, tepat di bawah jakun. Hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid – triiodothyronine (T3) dan tiroksin (T4) – memiliki dampak besar pada kesehatan, mempengaruhi semua aspek metabolisme.

Loading...

Mereka mempertahankan tingkat di mana tubuh menggunakan lemak dan karbohidrat, membantu mengendalikan suhu tubuh, mempengaruhi detak jantung, dan membantu mengatur produksi protein.

Faktor Penyebab Hipotiroid

Hipotiroid terjadi ketika kelenjar tiroid gagal memproduksi cukup hormon. Hipotiroid mungkin terjadi karena sejumlah faktor berikut, dikutip dari mayoclinic.com:

Penyakit autoimun

Orang yang mengembangkan gangguan inflamasi tertentu yang dikenal sebagai Hashimoto’s thyroiditis menderita penyebab paling umum dari hipotiroid. Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi yang menyerang jaringan sendiri. Kadang-kadang proses ini melibatkan kelenjar tiroid. Para ilmuwan tidak yakin mengapa tubuh menghasilkan antibodi terhadap dirinya sendiri, yang jelas antibodi ini mempengaruhi kemampuan tiroid untuk memproduksi hormon.

READ:  7 Cara Memulihkan Kesehatan Setelah Sakit

Pengobatan untuk hipertiroid

Orang yang memproduksi terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroid) sering diobati dengan yodium radioaktif atau obat anti-tiroid untuk mengurangi dan menormalkan fungsi tiroid mereka. Namun, dalam beberapa kasus, pengobatan hipertiroid dapat menyebabkan hipotiroid permanen.

Bedah tiroid

Menghilangkan semua atau sebagian besar kelenjar tiroid dapat mengurangi atau menghentikan produksi hormon. Dalam hal ini, Anda akan perlu mengambil hormon tiroid untuk hidup.

Terapi radiasi

Radiasi yang digunakan untuk mengobati kanker kepala dan leher dapat mempengaruhi kelenjar tiroid dan dapat menyebabkan hipotiroid.

Obat-obatan

Sejumlah obat dapat berkontribusi terhadap hipotiroid. Salah satu obat tersebut adalah litium, yang digunakan untuk mengobati gangguan kejiwaan tertentu. Jika Anda minum obat, tanyakan kepada dokter tentang efeknya pada kelenjar tiroid Anda.

Dalam kasus yang lebih jarang, hipotiroid mungkin akibat dari salah satu faktor berikut:

  • Penyakit bawaan. Beberapa bayi yang lahir dengan kelenjar tiroid rusak atau tidak ada kelenjar tiroid.
  • Gangguan kelenjar pituitary. Penyebab hipotiroid yang relatif jarang adalah kegagalan kelenjar pituitary untuk menghasilkan cukup thyroid-stimulating hormone (TSH).
  • Kehamilan. Beberapa wanita mengalami hipotiroid selama atau setelah kehamilan (postpartum hypothyroidism), sering kali karena mereka memproduksi antibodi untuk kelenjar tiroid mereka sendiri.
  • Kekurangan yodium. Mineral yodium runut – ditemukan terutama dalam makanan laut, rumput laut, tanaman yang ditanam pada tanah kaya yodium dan garam beryodium – sangat penting untuk produksi hormon tiroid.
READ:  Gusi Berdarah, Mengapa dan Bagaimana Mengatasinya

(photo: 360living.in)