5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah alpukatBuah alpukat

Alpukat adalah jenis buah yang biasanya dijadikan jus atau dapat dikonsumsi secara langsung. Buah ini dikemas dengan antioksidan yang dapat melawan penyakit. Meskipun kebanyakan orang menganggap buah ini dapat menambah berat badan Anda karena mengandung lemak yang tinggi dan kalori (138 kalori dan lemak 14.1g dalam setengah alpukat) tetapi buah ini sebenarnya akan memberi keuntungan pada kesehatan Anda.

Berikut adalah manfaat dari alpukat untuk kesehatan tubuh.

Loading...

1. Alpukat Mengandung Karotenoid

Alpukat mengandung lutein yaitu karotenoid yang bekerja sebagai antioksidan dan membantu melindungi dari penyakit mata. Alpukat juga mengandung karotenoid zeaxanthin, alpha-karoten dan beta-karoten, serta tokoferol (vitamin E). Akan tetapi karotenoid tidak hanya terdapat pada alpukat, Anda juga dapat mengkonsumsi lebih dari makanan lain. Karena karotenoid adalah lipofilik (larut dalam lemak, bukan air), jadi Anda dapat mengkonsumsinya dengan buah-buah atau sayuran. Anda dapat menambahkan irisan alpukat untuk campuran salad.

2. Alpukat Membantu  Menurunkan Berat Badan

Setengah alpukat mengandung 3,4 gram serat, termasuk larut dan yang tidak larut di mana keduanya dibutuhkan tubuh Anda untuk menjaga sistem pencernaan. Serat larut pada alpukat juga memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh Anda sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Alpukat juga mengandung asam oleat yaitu lemak yang mengaktifkan bagian otak Anda yang membuat Anda merasa kenyang.

READ:  4 Camilan Sehat Berbahan Dasar Alpukat

3. Alpukat Membantu Menstabilkan Gula Darah

Alpukat memperlambat pencernaan dan membantu menjaga gula darah setelah Anda mengkonsumsinya. Bahkan saat Anda telah melakukan diet resistensi insulin dapat membuat gula darah menjadi stabil.  Cobalah dengan mengkonsumsi alpukat dengan cara ditumbuk lalu campurkan pada sandwich untuk menggantikan mayones atau mentega .

4. Melindungi Bayi Dalam Kandungan

Alpukat menyediakan hampir seperempat dari asupan harian yang direkomendasikan untuk tubuh Anda karena mengandung folat dan vitamin yang dapat mencegah resiko bayi Anda cacat saat lahir. Jika Anda sedang hamil atau merencanakan kehamilan, Anda dapat mengkonsumsi alpukat untuk melindungi bayi Anda. Asupan folat yang tinggi juga dapat mengurangi  resiko  serangan jantung dan penyakit jantung.

5. Alpukat Menurunkan Kolesterol

Selain membuat rasa kenyang, asam oleat dalam alpukat juga membantu mengurangi kadar kolesterol. Hasil penelitian menunjukkan jika seseorang yang mengkonsumsi alpukat sebagai makanan diet dapat menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor  penyebab penyakit jantung.

(photo: blog.ctnews.com )