4 Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

bahaya tidur dengan kipas anginTidur menggunakan kipas angin

Setelah melewati masa – masa banjir di musim hujan, kini saatnya kita warga Indonesia menikmati musim kemarau atau  musim panas.

Di Indonesia hanya dikenal 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau, tidak seperti di beberapa bagian dunia lain yang dapat menikmati musim semi dan musim dingin.

Loading...

Saat musim kemarau seperti saat ini biasanya orang – orang akan menggunakan kipas angin saat beraktivitas, bahkan karena panasnya cuaca yang tidak tertahankan lagi, kita sampai menggunakan kipas angin saat tidur.

Nah bagi Anda yang sering menggunakan kipas angin berhati – hatilah karena ternyata menggunakan kipas angin saat tidur sangat berbahaya.

Apa saja bahayanya?

1. Kekurangan Oksigen

Jika Anda tertidur dengan posisi kipas angin mengarah ke wajah langsung dapat menyebabkan Anda kekurangan oksigen dan kesulitan bernafas.

Dampak yang ditimbulkan bisa lebih parah bila Anda tidur di dalam ruangan tertutup dengan ventilasi yang buruk. Hal ini menyebabkan udara tidak segar terperangkap di ruangan tempat Anda tidur.

READ:  5 Manfaat Bangun Pagi Bagi Manusia

2. Penurunan suhu tubuh secara drastis.

Saat kita sedang tidur maka secara otomatis tubuh akan mengalami penurunan suhu tubuh, namun bila kita tidur menggunakan kipas angin maka suhu tubuh akan berkurang secara drastis.

Selain itu, tekanan darah dan sistem pernafasan akan terganggu. Akibatnya bisa fatal pada jantung dan paru – paru yang merupakan organ yang penting bagi kehidupan manusia.

3. Kekurangan air dan hipotermia

Jika tubuh kita terkena kipas angin atau AC dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan  kita mengalami kekurangan air dan hipotermia.

4. Menyebabkan kematian

Ketika tidur menggunakan kipas angin pada ruangan yang buruk ventilasinya dapat menyebabkan kematian, sebab akan terjadi peningkatan kejenuhan konsentrasi karbon dioksida dan penurunan konsentrasi oksigen.

***

Sulit untuk tidak menggunakan kipas angin pada keadaan panas seperti saat ini, namun bila Anda harus menggunakan kipas angin saat tidur sebaiknya Anda menghadapkan kipas angin ke arah yang lain, jangan langsung ke wajah. Atau bukalah pintu kamar Anda agar ventilasi udara berjalan dengan baik.