6 Manfaat Menarik Menjadi Seorang Vegetarian

manfaat menjadi vegetarianBahan makanan vegetarian

Vegetarian adalah istilah bagi orang yang hanya mengonsumsi  sayur – sayuran dan buah saja setiap hari. Mereka tidak makan daging ataupun ikan  tetapi hanya berupa sayur atau buah  saja. Ada beberapa orang yang memaksa dirinya untuk menjadi vegetarian namun ada pula yang secara alami menjadi  seorang vegetarian, tubuhnya secara alami menolak makanan berupa daging ketika makan.

Ternyata menjadi seorang vegetarian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Apa saja manfaatnya?

Loading...

1. Menyehatkan Perut

Seorang vegetarian dapat memiliki perut yang sehat. Hal ini dikarenakan dengan banyak makan sayuran dan buah berarti mereka menkgonsumsi serat yang banyak. Banyak makan serat dapat membantu tubuh untuk membersihkan sampah makanan keluar dari dalam tubuh.

2. Terhindari dari racun

Menjadi vegetarian memungkinkan seseorang untuk terhindar dari racun yang disebabkan oleh lemak hewani. Daging hewan yang dikonsums iterkadang memicu adrenalin untuk memproduksi steroid dan hormon stres. Hormon ini nantinya akan dilepaskan ke dalam aliran darah sehingga saat dikonsumsi oleh manusia akan berubah menjadi racun yang membahayakan tubuh.

READ:  10 Sumber Protein Terbaik bagi Vegetarian

3. Menurunkan resiko penyakit kanker

Pola makan seorang vegetarian yang hanya  mengkonsumsi sayuran membuat seseorang akan banyak mengonsumsi antioksidan,  mineral, fitokimia, vitamin dan nutrisi penting lainnya.

4. Menurunkan berat badan dan menjaganya

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet sebaiknya menjadi vegetarian. Telah terbukti dengan menjadi vegetarian dapat menurunkan bobot tubuh secara perlahan. Makanan vegetarian juga dapat membuat seseorang akan merasa kenyang lebih lama sehingga ia akan makan lebih sedikit.

5. Menghemat pengeluaran sehari – sehari

Harga makanan hewani seperti daging dan ikan lebih mahal dibandingkan dengan makanan nabati. Oleh karena itu menjadi vegetarian adalah pilihan untuk menghemat pengeluaran sehari – hari. Namun perlu juga Anda ketahui bahwa makanan nabati impor ternyata juga mahal, lebih baik memilih sayuran dan buah lokal dengan harga yang lebih terjangkau.

6. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung saat ini sangat mengancam kehidupan manusia, sebab penyakit jantung menyebabkan seseorang bisa meninggal secara tiba – tiba. Nah buat Anda yang tidak ingin terkena penyakit jantung sebaiknya beralih menjadi vegetarian. Dengan menjadi vegetarian maka tubuh akan terbebas dari lemak jahat. Sayuran dan buah adalah jenis makanan yang mengandung lemak yang sangat baik dan tidak membahayakan tubuh kita.

READ:  Arginin, Manfaatnya Bagi Jantung dan Efek Samping

Nah, tertarik untuk menjadi vegetarian?

(Photo : blog.innomuslim.com)