Tips Persiapan Mendaki Gunung Bagi Kaum Hawa

tips mendaki gunungMendaki Gunung Bagi Kaum Hawa

Hobi mendaki gunung banyak diminati oleh banyak orang. Tak terkecuali kaum hawa. Para wanita sering ikut mendaki gunung karena selain bisa mengusir rasa bosan, mereka juga bisa mendapatkan sesuatu yang baru seperti pengalaman dan inspirasi dari alam.

Untuk mendaki gunung, khususnya bagi perempuan dibutuhkan kejelian khusus barang apa yang harus dibawa. Tidak seperti laki-laki, perempuan harus memperhitungkan barang apa saja yang wajib dibawa. Bagi mereka para wanita yang sudah sering mendaki gunung, tentunya ini sudah menjadi hal mudah untuk menentukan barang apa saja yang harus dibawa. Tapi mereka yang masih awam, tentunya harus berpikir dua kali.

Loading...

Beberapa tips berikut ini sekiranya bisa membantu Anda dalam mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mendaki gunung. Sehingga nantinya perjalanan Anda bisa aman dan menyenangkan.

Bawa Barang Secukupnya

Kekuatan yang ditanggung seorang wanita dalam mendaki gunung tidak boleh sama dengan apa yang ditanggung oleh pria. Banyaknya barang yang dibawa tidak boleh berlebihan. Apalagi bila Anda akan menempuh perjalanan jauh. Jangan menyusahkan diri sendiri hanya karena barang dalam tas. Utamakan yang penting-penting saja. Dengan demikian, stamina Anda akan tetap oke selama perjalanan mendaki gunung.

READ:  6 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Siapkan Sunblock Bila Perlu

Mendaki gunung terkenal dengan udara dingin di atas sana. Tapi jangan lupakan kulit Anda. Bawalah sunblock sebagai persiapan mengantisipasi bila matahari menyengat. Ketika di gunung, udara dingin selalu membuat kita ingin diterpa sinar matahari agar hangat. Tanpa terasa, kulit akan tersengat matahari hingga gelap dan kering karena dinginnya udara pegunungan.

Hindari Memakai Celana Pendek

Kulit wanita sangat sensitif dengan benda-benda asing di sekitarnya. Jangan sampai karena hanya masalah celana, kulit Anda menjadi korbannya. Meskipun nyaman saat digunakan saat mendaki gunung, namun bisa menimbulkan resiko yang tak diduga sebelumnya. Membiarkan kulit kaki terbuka lebar menyebabkan binatang seperti pacet dan lainnya bisa melukai Anda. Belum lagi bila terjatuh secara tidak sengaja, atau tergores oleh benda-benda di sekitarnya.

Stop Memakai Parfum

Kebiasaan wanita yang selalu memakai parfum jangan Anda terapkan bila hendak mendaki gunung. Kebanyakan serangga hutan sensitif dengan wewangian yang tajam. Belum lagi bila keringat bercampur dengan parfum yang Anda pakai. Bisa-bisa orang di sekitar Anda terganggu dengan hadirnya bau aneh.

READ:  10 Tips dan Cara Merawat Kulit Sensitif

Bawalah Pembalut

Mendaki gunung di saat datang bulan adalah hal yang selalu dihindari oleh kaum hawa. Masalahnya ribet bila sudah berada di tempat tujuan dengan kondisi yang sangat ekstrim. Untuk itu, bawalah pembalut Anda saat naik gunung. Tapi ingat, setelah dipakai jangan dibuang di sembarang tempat. Bisa berbahaya. Amankan saja, simpan di tas dan buang di tempat sampah bila sudah pulang.

 (photo: wirawanyuda.blogspot.com)