Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan

manfaat minyak kelapaMinyak kelapa

Satu lagi bahan alami yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan serta kecantikan adalah kelapa. Hampir seluruh bagian dari kelapa bisa dimanfaatkan. Selain bisa digunakan sebagai bahan dasar berbagai macam masakan, santan yang dihasilkan dari buah kelapa yang telah diparut dan diperas sarinya ternyata bisa diolah lagi menjadi minyak dan bermanfaat bagi kesehatan serta kecantikan. Minyak kelapa sendiri mengandung asam lemak, dan vitamin E. Berfungsi sebagai antioksidan, anti jamur dan anti oksidasi. Minyak kelapa juga bisa membantu merawat serta memperbaiki rambut yang kering atau rusak.

Untuk lebih jelasnya, simak terus artikel berikut ini untuk tahu lebih banyak tentang manfaat minyak kelapa untuk kecantikan.

Loading...

1. Masker Rambut.

Untuk kulit kepala yang kering, gosokkan minyak kelapa setiap malam sebelum tidur. Setelah mengaplikasikan minyak kelapa, gunakan shower cap untuk membungkus rambut. Lalu bilas rambut keesokan harinya dengan menggunakan shampo. Anda bisa merasakan perbedaannya dalam waktu 5 minggu jika Anda rutin melakukannya.

2. Facial Scrub.

Untuk membuat facial scrub dengan menggunakan minyak kelapa, campurkan beberapa tetes minyak kelapa dengan setengah sendok teh baking soda lalu gosokkan perlahan ke wajah secara memutar. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan menggunakan air hangat. Facial scrub ini selain membantu mengangkat sel kulit mati, juga membantu mengencangkan kulit.

READ:  Air Kelapa dan Kandungan Nutrisinya

3. Menyamarkan Bekas Luka dan Noda Hitam Di Siku.

Rutin menggosokkan minyak kelapa murni ke siku dan bagian tubuh lainnya yang mulai menebal dan keras (lutut dan telapak kaki) bisa membantu melembutkan dan mengurangi warna gelap di bagian tersebut. Lakukan hal tersebut dengan rutin agar hasilnya segera tampak.

4. Menyembuhkan Luka Bekas Jerawat.

Jika Anda kesal karena bekas jerawat yang sulit memudar atau hilang, gunakan cotton bud yang telah dicelupkan ke dalam minyak kelapa murni, totol – totolkan ke bekas jerawat lalu diamkan semalaman. Lakukan ini setelah membersihkan wajah sebelum tidur. Bila dilakukan secara rutin, bekas jerawat di wajah akan mulai memudar bahkan tak lagi tampak.

5. Melembabkan Kulit Tubuh

Minyak kelapa murni atau sekarang mulai dikenal dengan nama VCO atau virgin coconut oil juga bisa digunakan untuk melembabkan kulit. Caranya dengan mengoleskan langsung minyak tersebut ke tubuh seperti menggunakan body lotion. Sebaiknya lakukan pada malam hari karena bila dipakai siang hari, terlebih ketika Anda beraktifitas di luar ruangan, akan membuat debu serta kotoran menempel di kulit.

READ:  7 Alasan Menggunakan Minyak Kelapa Pada Rambut Anda

(photo: technologyka.com)