Mengenal Diet Detoks Dan Bahayanya

diet detoksDiet detoks

Diet detoks (singkatan dari detoksifikasi) merupakan rencana diet penurunan berat badan ekstrim yang mengklaim untuk menghalau bahan kimia beracun dari tubuh Anda. Detoksifikasi didasarkan pada konsep bahwa tubuh membutuhkan bantuan untuk menyingkirkan racun yang tidak diinginkan dari kontaminan dalam makanan olahan dan lingkungan. Secara teori, setelah bebas dari racun, tubuh Anda berfungsi lebih baik dan metabolisme Anda meningkat sehingga Anda dapat menumpahkan ekstra kilogram.

Simak artikel mengenai diet detoks berikut, dirangkum dari webmd.com.

Loading...

Ada berbagai diet detoks yang berbeda. Sebagian besar mengikuti pola puasa kalori sangat rendah dengan penambahan sejumlah kecil buah-buahan, sayuran, air, dan berbagai macam suplemen. Beberapa diet merekomendasikan jamu, pil, bubuk, enema, dan bentuk lain dari pembersihan usus dan usus besar. Metode bervariasi dan sering termasuk produk yang hanya tersedia dari situs web penulis.

Prinsip yang mendasari diet detoks dan penjualan produk yang dipertanyakan mengangkat bendera merah, kata direktur gizi Washington University, Connie Diekman, RD. “Diet detox memangsa kerentanan diet dengan taktik ketakutan sekaligus mendapatkan finansial dengan menjual produk yang tidak perlu dan berpotensi berbahaya,” katanya.

READ:  Efek Samping Detoksifikasi Kecanduan Narkoba

Apakah Diet Detoks Bekerja?

Ya dan Tidak.

Ketika Anda secara dramatis mengurangi asupan kalori Anda, Anda akan menurunkan berat badan. Namun hal ini juga dapat menyebabkan segala macam masalah kesehatan, termasuk hilangnya otot. Dan ketika Anda mulai berpuasa, tubuh Anda masuk ke mode konservasi, membakar kalori lebih lambat.

Perlu diingat bahwa berat badan awal hilang saat berpuasa terutama berupa cairan bukan lemak. Dan ketika Anda kembali makan, berat badan yang hilang biasanya kembali. Tidak hanya itu, malah cenderung bertambah beberapa kilo karena metabolisme lebih lambat membuatnya lebih mudah diperoleh.

Bahaya Detoks

Beberapa rencana detoks terdengar seperti pendekatan yang sangat ilmiah untuk membersihkan tubuh Anda dari zat-zat berbahaya.

Sayangnya, kebanyakan diet detoks tidak memiliki fundamental yang ahli gizi, dokter, dan otoritas kesehatan tahu sangat penting untuk menurunkan berat badan dan kesehatan yang baik. Resiko lebih besar daripada manfaat, membuat diet detoks tradisional tidak efektif dan berpotensi berbahaya. Diet detoks didasarkan pada ketakutan yang tidak beralasan dan kurangnya pemahaman tentang bagaimana tubuh bekerja.

READ:  5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Suntikan Kolagen  

Potensi efek samping termasuk energi yang rendah, gula darah rendah, nyeri otot, kelelahan, merasa pusing, dan mual. Puasa yang lama bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Membersihkan usus tidak dianjurkan karena mereka dapat mengubah elektrolit tubuh dan keseimbangan cairan Anda.

(photo: hangthebankers.com )