Apel Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

manfaat buah apelBuah apel

Dapatkah apel menjadikan Anda sehat hingga menjauh dari dokter? Mungkin, tapi rata-rata orang hanya makan sekitar satu apel segar per minggu. Nah, tak ada salahnya untuk mengetahui manfaat besar apel sebelum mengkonsumsinya. Silahkan simak artikel berikut:

Apel merupakan sumber yang baik dari vitamin C dan serat, sekaligus rendah kalori (satu apel berukuran rata-rata memiliki sekitar 80 kalori).

Loading...

Apel juga mengandung sejumlah besar fitokimia yang disebut flavonoid dan asam fenolat yang bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel dalam tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Kombinasi nutrisi yang baik, kalori yang rendah, dan kelimpahan antioksidan adalah alasan mengapa apel adalah salah satu makanan super.

Orang yang mengkonsumsi apel setiap hari mungkin berada pada resiko lebih rendah untuk mengembangkan jenis kanker tertentu, termasuk kanker mulut, tenggorokan dan kerongkongan.

Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai macam fitokimia, atau mungkin terjadi karena orang yang makan banyak apel cenderung makan banyak buah-buahan dan sayuran tambahan. Studi populasi menunjukkan makan diet kaya buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan resiko lebih rendah terhadap beberapa jenis kanker.

READ:  Kenali 5 Gejala Kesehatan Serius Pada Anak

Flavonoid dalam apel, terutama quercetin, telah ditunjukkan untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam penelitian laboratorium.

Quercetin telah diisolasi di laboratorium, dan kadang-kadang dijual sebagai suplemen makanan. Namun, sementara penelitian laboratorium menunjukkan quercetin mungkin memiliki beberapa aktivitas anti-kanker dalam tabung reaksi dan hewan laboratorium, tidak ada penelitian untuk mendukung gagasan bahwa mengonsumsi suplemen quercetin akan membantu untuk mencegah kanker pada manusia.

Flavonoid dalam apel juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Dalam satu studi besar, wanita pasca-menopause yang memiliki tingkat tertinggi dari flavonoid dalam darah mereka yang paling kecil kemungkinannya mati akibat penyakit kardiovaskular. Apel adalah salah satu makanan kaya flavonoid yang menunjukkan korelasi yang signifikan.

Apel juga dapat membantu mencegah penyakit kanker dan kardiovaskular dengan membantu Anda memotong kalori. Apel padat nutrisi tapi tidak padat energi, sehingga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, sekaligus memuaskan gigi manis Anda.

(photo: designlap.com )