Arti Simbol Label Pada Pakaian

label pada pakaianLabel pada pakaian

Pernahkah baju yang baru Anda beli seketika menjadi kusut dan kusam ketika dicuci? Bila iya, mungkin penyebabnya bukan detergen yang Anda gunakan. Bisa jadi cara mencuci Anda yang salah. Kadang kita tidak sadar dan mengabaikan simbol label yang tertera pada pakaian. Mencuci pakaian yang benar adalah dengan memperhatikan petunjuk atau label yang tertera pada pakaian agar pakaian tersebut awet dan tahan lama.

Nah, simbol apa saja yang perlu diperhatikan saat mencuci pakaian?

Simbol cara mencuci

Simbol cara mencuci dilambangkan dengan gambar wadah yang berisi air. Selain simbol wadah terdapat juga symbol titik (dot). Simbol titik menandakan tingkat suhu. Jika tidak ada titik (dot) maka Anda boleh mencuci pakaian pada suhu apapun di bawah 40 derajat Celcius. Semakin banyak dot, maka semakin tinggi pula suhu yang diperlukan. Jika ada simbol tangan itu berarti Anda harus mencuci pakaian dengan tangan. Tanda silang di dalam wadah berarti Anda tidak boleh mencucinya.

Simbol pemutih

Bleaching atau memutihkan pakaian disimbolkan dengan lambang segitiga. Jika ada lambang segitiga pada label pakaian Anda, maka Anda boleh menggunakan pemutih. Jika ada tanda silang berarti Anda tidak boleh menggunakan pemutih.

Simbol mengeringkan pakaian

Simbol untuk mengeringkan pakaian dilambangkan dengan gambar lingkaran di dalam kotak. Titik satu menyimbolkan pakaian harus dikeringkan pada suhu rendah. Semakin banyak titiknya maka semakin tinggi pula suhunya. Simbol silang berarti pakaian tersebut tidak bisa dikeringkan dengan mesin cuci. Ada juga simbol yang menandakan pakaian tersebut tidak boleh diperas.

Simbol menyeterika

Simbol cara menyeterika pakaian disimbolkan dengan lambang setrika. Semakin banyak dot atau titik maka Anda harus menyetrika pakaian tersebut pada suhu yang tinggi. Tanda silang pada setrika berarti pakaian tersebut tidak boleh disetrika.

Simbol mencuci kering

Simbol dry cleaning atau mencuci kering ditandai dengan logo lingkaran. Dry cleaning adalah cara mencuci dengan menghilangkan noda yang membandel atau noda yang susah hilang tanpa menggunakan air. Jika ada simbol lingkaran pada pakaian Anda maka pakaian tersebut bisa dicuci secara dry cleaning, namun bila ada tanda silang maka Anda tidak boleh mencucinya menggunakan teknik tersebut.

 (photo: fashionpria.com)


Topik Terkait: , , ,

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>