6 Cara Alami Melembabkan Kulit Yang Sangat Kering

masker kulit keringMasker untuk kulit kering

Dehidrasi dapat memicu kerusakan permanen (ireversibel) pada kulit.

Dehidrasi menyebabkan kulit jadi kering, bersisik dan membutuhkan pelembab. Karena itu, banyak wanita maupun pria yang memasukkan berbagai macam merek pelembab kulit dalam daftar belanja kosmetik mereka meskipun tahu bahwa harganya tidak murah.

Nah, berikut ini kami akan menguraikan bagaimana cara menjaga agar kulit tetap lembab dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Anda dapatkan di dapur rumah Anda dan tentu saja murah serta minim efek samping.

1. Masker Selai Kacang

Umumnya selai kacang digunakan untuk mengoles roti tawar. Namun ternyata selai kacang juga bisa mengatasi kulit kering loh!

Caranya dengan mengoleskan selai kacang tipis-tipis ke wajah lalu diamkan selama beberapa enit sebelum kemudian dibilas dengan menggunakan air hangat.

Tapi ingat, gunakan selai hanya dari kacang organik dan selainya dibuat dengan tidak menggunakan bahan tambahan. Minyak dalam kacang ternyata bermanfaat untuk membantu melembabkan kulit yang super kering. Lakukan masker ini seminggu dua kali.

2. Minyak Kelapa

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya bahwa ternyata minyak kelapa juga memiliki banyak manfaat bagi kulit, terutama kulit kering.

Caranya dengan mencelupkan bola kapas ke dalam minyak kelapa (biasa dikenal dengan VCO atau virgin coconut oil) lalu mengoleskan ke seluruh wajah, gosok perlahan dan bilas dengan air hangat.

Melakukan metode ini secara rutin bisa mengembalikan elastisitas wajah dan membantu menyamrkan kerutan atau keriput.

3. Masker Campuran Madu, Susu dan Kacang

Haluskan 1 genggam kacang almond dengan 2 sdm susu cair dan 2 sdt madu. Lalu oleskan campuran yang sudah berbentuk pasta ke wajah. Diamkan selama beberapa saat hingga masker terasa sedikir kering, lalu bilas dengan air hangat.

Minyak alami, protein dan kandungan asam lemak omega 3 pada kacang almond akan membantu melembabkan kulit, susu dan madu berguna untuk menutrisi dan mencerahkan kulit.

4. Masker Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Anda tentu sudah tahu bahwa alpukat sering digunakan sebagai masker wajah, alpukat sendiri memiliki kandungan Vitamin E, Vitamin K, Zat Besi, Tembaga dan Seng yang bisa membantu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit.

Minyak alpukat juga bisa merangsang produksi kolagen sehingga bisa memperlambat proses penuaan.

Cara membuat masker alpukat pun ternyata sangat mudah. Cukup ambil daging buah alpukat, lalu tambahkan sedikit madu, hancurkan dan oleskan ke wajah, diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan menggunakan air hangat.

5. Masker Campuran Jus Jeruk dan Kuning Telur

Mungkin selama ini bagian telur yang kita ketahui bisa digunakan sebagai masker adalah putihnya saja, namun ternyata kuning telur pun bisa digunakan sebagai masker.

Caranya dengan mencampurkan 1 sdm jus jeruk organik dengan 1 butir kuning telur, aduk hingga rata dan oleskan ke wajah. Diamkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat. Masker ini sangat berguna bagi pemilik kulit kering karena masker kuning telur bisa membantu melembabkan wajah.

Tips: setelah menggunakan masker, bilas wajah dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk atau kain lembut. Setelah kering, percikkan sedikit air es agar mendapatkan sensasi segar, tepuk pelan wajah hingga air percikan di wajah mengering. Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan pelembab.

(photo: areubeauty.com )

1 Komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *