Mengenal Sujeo, Alat Makan Khas Korea

Sumpit korea SujeoSujeo

Berbicara tentang budaya suatu negara tidak akan ada habisnya, tidak terkecuali budaya negara Korea. Kebudayaan negara yang satu ini menarik untuk diketahui tidak hanya artis K Pop, drama, musik atau kuliner khasnya.

Siapa yang tidak kenal dengan sumpit? Ya, Sumpit adalah perangkat makan yang biasa digunakan oleh orang Jepang atau Cina. Di Korea, sumpit juga menjadi salah satu alat makan yang harus ada di meja makan. Uniknya lagi, ketika makan orang Korea menggunakan dua alat makan yakni sendok dan sumpit. Sendok dan sumpit tersebut berbeda dengan sendok kebanyakan. Sendok dan sumpit Korea ukurannya lebih panjang dibandingkan dengan sumpit Jepang atau Cina.

Sumpit dan sendok korea disebut Sujeo. Sujeo merupakan satu set makan bangsa Korea yang terdiri dari sumpit dan sendok. Sujeo berasal dari sutgarak yang berarti sendok dan jeotgarak yang berarti sumpit.  Ketika makan, sumpit dan sendok tidak boleh digunakan secara bersamaan, melainkan digunakan secara bergantian.

Mengapa ukuran sendok Korea lebih panjang? Sendok dengan ukuran panjang ini selain berfungsi sebagai alat makan juga digunakan sebagai alat memasak. Sendok ini juga disesuaikan dengan kebiasaan orang Korea yang menyukai masakan cenderung panas dan memakannya langsung dari panci atau mangkuk batu.

Sujeo dipandang sebagai lambang kemakmuran hidup. Oleh karena itu sujeo diberikan sebagai hadiah perkawinan atau hadiah ulang tahun bayi.

Karena makanan korea yang terdiri dari nasi dan sup, maka sangat sulit bagi orang Korea untuk makan tanpa menggunakan sendok. Menurut hasil penelitian, orang Korea sudah lebih dahulu menggunakan sendok sejak zaman perunggu. Berbeda halnya dengan sumpit Jepang atau Cina, sumpit Korea terbuat dari logam seperti kuningan, perunggu atau stainless steel. Bentuk sendoknya pun berbeda, yakni gagangnya agak panjang dan bentuk bagian depannya agak bulat. Sedangkan sumpitnya berbentuk agak pipih atau gepeng.

(photo: olx.co.id)


Topik Terkait: , , , ,

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>