manfaat buah ceriManfaat buah ceri

Siapa yang tak tahu buah ceri? Buah yang berwarna merah dan hijau ini sering dijadikan hiasan pada kue, es krim dan gelas koktail. Buah ceri ini rasanya manis dan sedikit tajam. Selain cantik untuk dijadikan hiasan di berbagai macam kue dan minuman, ternyata buah ceri juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaat dari buah ceri.

1. Antioksidan.

Buah ceri mengandung senyawa flavonoid polifenol juga dikenal sebagai glikosida antosanin, yang merupakan salah satu antioksidan. Antioksidan yang terkandung dalam buah ceri membantu memperlambat proses penuaan dan memerangi stres oksidatif.

2. Mengatur Siklus Tidur.

Buah ceri memberikan efek menenangkan pada sistem saraf, mengurangi iritabilitas dan stres, menyembuhkan insomnia dan sakit kepala dengan kondisi yang stabil dari antioksidan melatonin yang terkandung didalamnya.

3. Anti Inflamasi.

Selain menjadi sumber antioksidan, buah ceri juga mengandung anthocyanin yang merupakan anti inflamasi. Meminum segelas jus ceri setelah berolahraga keras bisa membantu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan cedera saat berolahraga.

4. Pengganti Obat Penghilang Rasa Sakit.

Buah ceri bisa dijadikan sebagai pengganti obat pengurang rasa sakit, aspirin, motrin atau advil. Penggunaan buah ceri juga mengurangi efek samping yang ditimbulkan obat – obat kimia.

5. Rendah Kalori.

Sangat cocok dikonsumsi ketika sedang berdiet karena rendah kalori. Dengan segelas jus buah ceri Anda bisa mengurangi cedera saat berolahraga, mendapatkan rasa manis alami dan perut yang terisi dengan minuman rendah kalori.

6. Melawan Sel Kanker.

Beberapa senyawa yang ditemukan dalam buah ceri, seperti queritrin, asam ellagic dan alkohol perillyl telah terbukti sangat efektif dalam mencegah timbulnya serta penyebaran sel kanker.

(photo: wallpaperswide.com)