Pertolongan Pertama pada Orang yang Pingsan

pertolongan pada orang pingsanPingsan

Ketika Anda melihat ada orang yang memiliki gelagat akan pingsan, biasanya sempoyongan, maka jangan berdiam diri. Segera lakukan pertolongan. Tetapi pertolongan yang baik bukan membantu ia berdiri, tapi justru harus membaringkan dengan tenang.

Berikut ini selengkapnya tentang pertolongan pertama pada orang yang pingsan.

1. Letakkan Tangan Anda di sekeliling Badannya

Posisikan diri Anda berada di belakang orang yang akan jatuh pingsan tersebut. Kemudian segera tangkap badannya menggunakan kedua tangan Anda dengan posisi memeluk.

2. Setelah tertangkap, lepaskan Pelukan secara Perlahan

Jangan memeluk atau memegang terlalu kencang. Tetap pegangi ia.

3. Biarkan ia Terjatuh dengan posisi Memunggungi Anda

Anda harus berdiri secara stabil dengan salah satu kaki di depan kaki yang lain. Tahan sedikit demi sedikit badannya ke arah bawah dengan posisi punggung menghadap ke bawah. Jangan mencoba untuk menahannya.

4. Biarkan kakinya menyapu lantai

Perlahan-lahan baringkan ia, tapi jauhkan dari benda-benda keras yang bisa saja terkena kepalanya waktu ia dibaringkan. Biarkan saja kakinya terseret dan menyapu lantai. Jangan pernah mencoba untuk membuatnya berdiri.

5. Lindungi Kepalanya

Hal yang paling penting dalam pertolongan pertama pada orang yang pingsan adalah melindungi kepalanya. Jangan sampai kepalanya menghantam lantai atau benda keras lainnya.

6. Buat posisi Berbaring yang Nyaman

Setelah Anda berhasil membaringkannya, sekarang posisikan ia pada posisi berbaring yang nyaman. Ganjal kepalanya dengan bantal yang empuk.

7. Panggil Bantuan

Setelah ia berbaring dengan nyaman, segera panggil bantuan. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk menyimpan nomor rumah sakit dan tenaga medis yang berada dekat lingkungan Anda.

8. Tetap Bersamanya

Sebelum bantuan medis datang, jangan pernah tinggalkan ia. Bisa saja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Demikianlah pertolongan pertama pada orang yang pingsan. Semoga bermanfaat.

(Photo: askajerk.wordpress.com)

Topik Terkait: , ,

Berikan Komentar