Penyebab Caligynephobia dan Terapi Untuk Mengatasinya

Loading...

fobia wanita cantikFobia wanita cantik

Wanita berparas cantik adalah idaman semua laki – laki. Di belahan dunia manapun lelaki pasti menginginkan punya pacar atau istri yang cantik. Namun tidak bagi penderita caligynephobia. Laki – laki yang menderita caligynephobia alergi terhadap wanita cantik.

Caligynephobia adalah fobia terhadap wanita yang berpenampilan menarik atau cantik. Fobia ada bermacam – macam dan penyebabnya pun beragam. Salah satunya adalah caligynephobia.

Jika kita pernah melihat seorang “ikhwan” takut berdekatan dengan wanita, maka itu sebenarnya hal wajar. Mereka bukan takut kepada wanita melainkan takut kepada Tuhan. Namun, kasusnya berbeda untuk lelaki yang mengidap caligynephobia.

Caligynephobia atau venustraphobia adalah rasa takut yang berlebihan jika berdekatan dengan wanita cantik. Penyebabnya biasanya adalah pernah mengalami trauma atau kejadian buruk dengan perempuan cantik. Pernah dikhianati atau dikecewakan oleh perempuan cantik sehingga menyebabkan penderitanya mengalami trauma.

Gejala yang timbul ketika seseorang menderita fobia tersebut yakni tubuh gemetar, berkeringat dingin, degup jantung tidak menentu, mual dan diliputi ketakutan. Tidak hanya berdekatan dengan wanita cantik, gejala ini bisa juga timbul jika penderita melihat wanita cantik di televisi, video atau film.

READ:  Venustraphobia, Ketakutan Berlebihan Pada Wanita Cantik

Penyebab lain timbulnya penyakit aneh ini akibat rendahnya kepercayaan diri seseorang, takut mengalami penolakan dari sang wanita yang kemudian menjadi fobia.

Caligynephobia bisa sembuh melalui beberapa pengobatan yakni dengan hipnoterapi, neuro – linguistic programming dan energy psychology. Hipnoterapi dilakukan dengan memprogram ulang alam bawah sadar penderita dengan bantuan terapi atau psikologi.

Neuro linguistic programming dilakukan dengan memprogram ulang rasa takut yang dialami penderita melalui pembelajaran bahasa dan komunikasi. Sedangkan energy psychology merupakan terapi pemulihan yang menggabungkan berbagai macam bentuk pemulihan.

(foto: wakpaper.com)