5 Langkah Mudah Membersihkan Lensa Kamera

membersihkan lensa kameraMembersihkan lensa kamera

Fotografi adalah dunia mengabadikan sebuah momen dengan kamera. Menghasilkan foto yang baik harus didukung oleh perangkat yang baik pula. Lensa salah satunya. Komponen penting pada kamera, khususnya kamera DSLR yang sudah banyak dijumpai disekitar kita.

Terkait lensa, tak banyak orang tahu bagaimana pentingnya menjaga lensa dalam hal fotografi. Kecendrungan orang mengabaikan hal kecil seperti ini. Padahal ketika lensa tidak berada dalam kondisi yang prima alias kotor, gambar yang dihasilkan pun bisa jauh dari harapan. Bisa jadi gambar Anda terdapat noda dan hasil jepretannya terlihat buram.

Kotornya lensa adalah hal biasa dalam penggunaan kamera. Anda jangan risau bila mendapati lensa kamera Anda kotor atau jamuran sekalipun selalu ada cara untuk memperbaiki dan membersihkannya. Anda pun bisa melakukannya di rumah dengan alat pembersih yang mudah untuk didapatkan.

Berikut adalah beberapa tips yang efektif untuk membersihkan lensa kamera anda.

1. Semua debu yang menempel pada badan lensa dan kaca lensa bisa mengakibatkan goresan halus yang tak kasat mata. Tapi bisa jadi terekam oleh sensor saat memotret. Yang harus Anda lakukan adalah menyikat semua debu yang menempel pada lensa tersebut. Gunakan sikat lembut untuk membersihkannya.

2. Dalam membersihkan lensa kamera, jangan menggunakan sembarang kain. Nanti lensanya tergores. Wajib bagi Anda untuk menggunakan bahan yang lembut dan memakai larutan yang khusus untuk membersihkan lensa. Bahan lembut itu adalah kain microfiber.

3. Setelah membersihkan lensa dengan microfiber yang basah, selanjutnya keringkan langsung lensa Anda dengan kain lembut lain. Pembersihan dilakukan dengan gerakan melingkar agar mencegah timbulnya bekas pada lensa kamera.

4. Setelah semua bagian selesai Anda bersihkan, biarkanlah untuk beberapa saat agar lensa benar-benar kering. Jika Anda sudah yakin kering, aturlah pemasangan kembali lensa pada badan kamera. Perhatikan titik lensa dan titik yang ada pada badan kamera saat memasang kembali.

5. Dan perlu Anda ingat, saat memasang lensa, jangan pernah menekan keras dan memaksakan lensa untuk melekat pada badan kamera jika terasa sulit terpasang. Perhatikan semua bagian apakah sesuai dengan alurnya. Hati-hati akan bahaya patahnya bagian tertentu.

**

Demikianlah 5 langkah mudah membersihkan lensa kamera. Kamera dengan lensa yang bersih tentu akan membuat hasil foto Anda lebih baik dan berkualitas. Selesai semuanya, perhatikanlah bagaimana perubahan yang terjadi pada kualitas foto Anda.

(foto: anekakamera.com)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *