Obat Flu yang Aman Bagi Ibu Menyusui

ibu hamil minum obatBerhati-hati mengkonsumsi obat flu bagi Ibu hamil dan menyusui

Batuk dan pilek merupakan penyakit sejuta umat. Kenapa bisa dibilang begitu? Karena flu dan batuk hampir menyerang semua manusia dan semua usia.

Batuk dan pilek yang biasa terjadi pada umumnya disebabkan oleh virus influenza yang menyerang dan biasanya tidak begitu berbahaya. Dan jika penyakit diakibatkan virus, penggunaan antibiotik tidak dibutuhkan.

Virus akan sangat gampang menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Balita dan  bayi akan lebih sering terserang flu dibandingkan orang dewasa.

Namun kasusnya akan berbeda jika ibu menyusui terserang flu dan batuk. Sudah dipastikan seorang ibu yang menyusui tidak bisa sembarangan mengkonsumsi obat flu yang dijual bebas karena nanti akan berdampak dan berefek kepada balita yang disusui.

Untuk flu sendiri, gejala yang rata-rata terjadi adalah bersin-bersin, hidung tersumbat, tenggorokan sakit, demam dan disertai batuk. Flu cukup mengganggu jika kondisinya lumayan berat, sehingga dibutuhkan obat flu untuk meredakan gejala tersebut.

Namun bagi ibu hamil dan menyusui, meminum obat flu sembarangan akan berdampak kurang baik. Jadi apa yang harus dilakukan seorang ibu hamil jika terserang flu? Berikut berapa penjelasannya:

  1. Pastikan banyak beristirahat dan mengkonsumsi air putih hangat
  2. Konsumsi vitamin C lebih banyak dari biasanya
  3. Makan bawang putih mentah. Jika tidak sanggup bisa dimasak atau juga ada beberapa suplemen khusus yang mengandung bawang putih
  4. Ada sejenis tablet immunomodulator yang mengandung echinacea, sangat aman untuk ibu menyusui. Tablet ini berfungsi mengoptimalkan sistim imun tubuh agar tidak gampang terserang flu.

Cara tradisional pun sangat banyak yang bisa dilakukan dibanding harus mengkonsumsi obat-obatan saat menyusui, di antaranya:

  • Jika hidung tersumbat, gunakan terapi uap dengan air panas. Tetesi minyak kayu putih atau balsem lalu hirup uap dari air panas tersebut agar hidung menjadi lega. Lakukan 3x sehari selama 5 menit saja.
  • Untuk menghilangkan rasa pusing dan kepala terasa berat, lakukan pijatan lembut di daerah kepala dan dekat hidung. Sertai dengan minum air jahe hangat.
  • Untuk meredakan sakit tenggorokan bisa dibuat teh hitam kental atau minum campuran jeruk nipis dan madu. Selain itu, juga bisa kumur-kumur air hangat yang sudah diberi garam.

Obat Flu yang Aman Untuk Ibu Menyusui

Untuk ibu menyusui, jika terserang flu dan terpaksa harus mengkonsumsi obat, perhatikan keamanan penggunaan obat yang sesuai.

Jangan menggunakan jenis obat yang bisa mengobati beberapa jenis penyakit, seperti flu, batuk dan demam. Cukup memilih jenis obat yang memang hanya untuk mengobati flu saja.

Kemudian pastikan memilih obat yang masa kerjanya singkat, seperti obat dengan kandungan obat tidur yang berfungsi menenangkan penderita flu agar bisa beristirahat.

Anda juga bisa memilih obat lokal daripada obat oral. Obat lokal seperti obat tetes hidung akan lebih baik daripada obat minum, karena efeknya hanya pada lokasi tersebut saja dan tidak mempengaruhi keseluruhan tubuh.

Intinya adalah gunakan obat flu seminim mungkin.

Berikut adalah beberapa obat flu yang aman dikonsumsi ibu menyusui :

  • Untuk obat batuk : Dextromtrophan, Guinafenesin. Hindarilah obat batuk yang mengandung menthol karena akan mengurangi produksi ASI
  • Untuk demam : Parasetamol dan Ibuprofen
  • Untuk hidung tersumbat : Pesudoefedrin, namun gunakan seminim mungkin karena berefek mengurangi produksi ASI
  • Untuk pilek, hidung tersumbat akibat alergi : Nasal spray dengan kandungan Cromlyn sodium dan Beclometasone.
  • Antihistamin tripolipine yang paling aman, loratadine, cetrizine dan difenhidramine.

Selain itu, jangan pernah lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anda karena ibu menyusui tidak sebebas ibu lain yang tidak menyusui dalam mengkonsumsi obat flu.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *