Tips dan Trik Memilih Dress Sesuai Bentuk Tubuh

Dress memang terlihat sangat anggun di tubuh wanita, namun tidak semua jenis dress cocok di gunakan oleh semua wanita. Masing-masing tubuh wanita mempunyai karakter sendiri yang harus di sesuaikan dengan jenis dress yang akan dikenakan.

Jenis dress

jenis dress wanita

jenis dress wanita (perempuan.com)

Secara garis besar dress wanita ada 3 macam, yaitu :

1. Long Dress atau Maxi Dress, yaitu dress terusan panjang hingga mata kaki
2. Midi Dress, yaitu dress dengan terusan rok hingga sebetis atau bawah lutut
3. Mini Dress, yaitu dress terusan dengan panjang selutut atau di atas lutut

Bahan yang biasa digunakan untuk dress pun akan beragam, mulai dari katun, spandek, silk, sifon, jeans, satin dan sebagainya. Untuk Anda yang ingin membeli dress, harus terlebih dahulu paham karakter tubuh agar dress yang dipilih dan dikenakan nampak anggun dan indah.

Karakter tubuh dan tips memilih dress

bentuk tubuh

Tipe tubuh (foto: kreasijilbabkeren.wordpress.com)

Berikut beberapa penjelasan tentang karakter bentuk tubuh wanita :

1. Bentuk Persegi. Bentuk tubuh ini menyerupai atlet, karena pinggang, pinggul dan bahu sama lebarnya. Disarankan untuk mengenakan dress yang pas di tubuh, ditambah detail kerutan atau ruffle untuk menambahkan volume lekukan tubuh.

Kelebihan bentuk tubuh ini adalah pada kaki dan lengan, jadi anda bisa memamerkan lengan dan kaki anda.

2. Bentuk buah apel. Ini perlu perhatian extra, karena wanita dengan bentuk tubuh ini lebih besar berkumpul di atas pinggul. Disarankan memilih yang model longgar, dengan kerah model V untuk memberikan kesan tubuh lebih langsing di bagian atas.

Perpanjang bagian pinggang karena bentuk buah apel cenderung besar di daerah atas, maka aset terbaik adalah kaki anda. Kurangi dress tak berlengan, atau akan lebih baik gunakan bolero, blazer atau cardigan.

3. Bentuk buah pir. Kenakan dress model cutting A untuk menyamarkan daerah pinggul yang melebar. Pilih asesoris pengecil pinggang seperti sabuk dan obi.

Karena bagian bawah tubuh lebih besar dari bagian atas, pinggul lebih lebar dari bahu, bokong biasanya lebih bulat dan pinggang sangat jelas terlihat, maka tonjolkan pundak, pinggang dan perut rata anda. Cukup tambahkan atasan yang lebih bervolume, perkecil detail dan minimalisir detail di pinggul.

4. Bentuk jam pasir. Gunakan detail kerut di daerah dada dan pinggul agar lekuk tubuh lebih sempurna.

Sebenarnya bentuk tubuh ini sudah cukup bagus hanya perlu tambahan volume saja, karena pinggang terlalu kecil. Jadi tonjolkan lekuk tubuh anda namun jangan berlebihan.

5. Bentuk tubuh wedge. Tubuh ini seperti segitiga terbalik, dengan dada dan pundak lebar, namun pinggul dan pinggang sempit.

Tonjolkan kaki, pilih mini dress atau midi dress, tambah aksen bagian bawah dan minimalisir aksen bagian atas tubuh.

(foto: perempuan.com)

Topik Terkait: , , ,
0 comments