Apakah Kopi Akan Membuat Anda Buta?

Minum KopiApakah Kopi Akan Membuat Anda Buta?

Mungkin ini akan menjadi berita yang sangat mengejutkan bagi para pencinta kopi. Sebuah penelitian yang dilakukan kepada 80.000 orang wanita dan 40.000 pria peminum kopi yang berumur antara 20 tahunan menemukan bahwa, seseorang yang meminum 3 cangkir atau lebih kemungkinan 66% lebih besar terkena resiko ‘exfoliation glaucoma‘ atau pengelupasan glukoma.

Yaitu kondisi di mana terdapat titik putih yang seperti ketombe di mata anda, mengakibatkan peningkatan tekanan di bola mata, merusak saraf optik dan mengakibatkan kebutaan. Tapi, jangan panik dulu!

Loading...

Kata Andrew Iwach, M.D, eksekutif direktur Pusat Penelitian Glukoma di Francisco dan seorang koresponden klinis American Academy of Ophthalmology seperti yang di kutip dari womenshealthmagazine (9/10/2012).

Para peneliti mencurigai bahwa kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan kadar asam amino homocysteine, yang dapat merusak pembuluh darah dan struktur mata lainnya.

Padahal kebenaran dari masalah ini adalah seperti peneliti menyatakan diri mereka sendiri, penelitian ini adalah observasional, mereka tidak menetapkan berapa orang untuk minum kopi dan berapa orang yang tidak. Oleh karena itu, itu tidak membuktikan bahwa kopi menyebabkan glukoma.

READ:  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Walaupun memang benar ada hubungannya, itu mungkin masih sangat jauh hubungannya dengan faktor-faktor penyebab kebutaan. “Ada banyak penyebab meningkatnya resiko terkena glukoma yang kami lihat dari para pasien yang datang untuk menjalani test, dan kopi mungkin saja nanti bisa jadi masuk di daftar itu” kata Andrew Iwach.

Tapi, untuk sekarang ini tetaplah menikmati secangkir americano dan fokus pada faktor yang terbukti menjadi penyebab kebutaan.

Merokok, dipukul di mata, riwayat keluarga yang terkena glaukoma atau kortikosteroid yang digunakan untuk mengobati masalah medis seperti, asma, ruam dan masalah tendol atau sendi.

Kemudian, jangan lupa untuk meluangkan waktu anda menjalani pemeriksaan mata secara rutin di dokter mata. Mulailah dari sekarang walaupun saat ini anda masih berada di usia 20-an.

(foto: allfoodsnatural.com)