Tips Menggelar Resepsi Pernikahan di Halaman Belakang Rumah

resepsi pernikahan outdoor

Merancanakan sebuah acara pernikahan tidaklah gampang. Semua orang (terutama pengantin wanita) ingin acaranya berjalan lancar dan sempurna.

Untuk itu diperlukan perencanaan yang matang mengenai gaun, makanan, undangan, dan tempat atau gedung serta rincian kecil lainnya.

Mengurus hal semacam ini tentu tidak mudah. Banyak calon pengantin yang ingin mengadakan pesta upacara pernikahan namun berbenturan dengan biaya.

Untuk meminimalkan biaya yang keluar tak jarang mereka memangkas segala bentuk pengeluaran yang kurang penting. Salah satunya penggunaan gedung.

Jika Anda tak menemukan gedung yang Anda sukai atau harga sewa gedung mahal, sementara rumah Anda memiliki halaman belakang yang cukup luas, maka kini saatnya Anda mulai berpikir untuk menggunakan halaman belakang rumah sebagai lokasi resepsi.

1. Pertimbangkan Ruang

Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan ketika memutuskan untuk menggelar pesta upacara pernikahan di halaman belakang rumah adalah ruang.

Pastikan halaman Anda tetap terlihat luas dan mudah dilalui tamu meskipun telah diisi dengan kursi-kursi serta meja. Gunakan hiasan yang cantik namun tidak terlalu banyak agar tak memakan banyak tempat.

2. Siapkan Halaman Balakang Rumah

Ini bergantung pada Anda, apakah Anda ingin menyewa penata tanaman atau menatanya sendiri. Sesuaikan dengan konsep pernikahan Anda.

Tambahkan beberapa tanaman lagi agar nampak lebih indah. Menata halaman belakang rumah tak hanya akan membuat acara terlihat lebih baik, namun juga sekaligus merawat halaman belakang rumah. Jadi, sekali dayung 2 sampai 3 pulau dilalui.

3. Atur Pencahayaan

Jika acaranya diadakan ketika siang hari, Anda mungkin tak perlu risau karena ada cahaya matahari yang bisa jadi penerang (kalau cuaca bagus).

Namun, bagaimana jika acaranya malam hari? Ini akan jadi sedikit rumit. Cobalah pertimbangkan untuk menggunakan beberapa bola lampu dengan watt yang kecil yang dimasukkan ke dalam lampion cantik.

Ini akan memberikan efek remang-remang sehingga menimbulkan suasana romantis. Gunakan juga lilin-lilin aromatherapy.

4. Pertimbangkan Kebutuhan Tamu

Apa yang dibutuhkan tamu ketika akan menghadiri acara Anda? Tempat parkir! Sebaiknya ini juga harus dipikirkan dengan serius.

Jika memungkinkan, ijinlah dengan tetangga agar tamu-tamu Anda bisa memarkir mobil mereka di depan rumah mereka. Jika sudah ada ijin, tentu nantinya tidak akan timbul masalah.

Dan jika Anda mengundang tamu dari luar kota atau daerah, carikan mereka tempat untuk tinggal. Salah satu solusinya adalah pinjamkan kamar untuk mereka.

5. Siapkan Plan B

Siapkan juga plan B. Ini untuk berjaga-jaga jika rencana awal berjalan tidak sesuai dengan rencana awal.

Apalagi jika Anda mengadakan pesta dengan tema pesta kebun tanpa menggunakan tenda, siapkan rencana cadangan jikalau cuaca tiba-tiba berubah.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *