7 Solusi Alami Mengatasi Susah Tidur

tips mengatasi insomnia

Insomnia merupakan kondisi kompleks yang sering disebabkan oleh sejumlah faktor,” kata Qanta Ahmed, MD, spesialis tidur di Winthrop-University Hospital Sleep Disorders Center di Mineola, New York. “Mengatasi faktor-faktor sering membutuhkan perubahan gaya hidup dan lingkungan.”

Ketika mengalami insomnia, salah satu pilihan adalah mencoba obat tidur. Nah!, ada sejumlah obat tidur alami yang efektif tersedia untuk Anda.

Berikut ini adalah makanan, herbal, dan suplemen yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak, dilansir dari webMD.

1. Melatonin

Melatonin adalah hormon yang membantu mengatur siklus tidur/bangun, alat pacu jantung internal yang mengatur waktu dan dorongan untuk tidur pada manusia. Ia menyebabkan kantuk, menurunkan suhu tubuh, memperlambat fungsi metabolisme, dan menempatkan tubuh ke modus tidur.

Penelitian melatonin pada orang dengan insomnia masih membingungkan. Satu studi menunjukkan bahwa mengambil melatonin dapat memulihkan dan meningkatkan tidur.

Studi lain menunjukkan bahwa melatonin tidak membantu penderita insomnia tetap tertidur. Melatonin dapat memiliki masalah dengan kemurnian.

Ia hanya disarankan untuk orang dengan masalah ritme sirkadian, dan tidak boleh diberikan kepada anak-anak atau diambil oleh seseorang yang mengkonsumsi obat-obatan lainnya. Anda hanya harus menggunakan melatonin di bawah pengawasan ketat dari dokter.

2. Susu hangat

Seruputlah susu hangat sebelum tidur. Susu almond merupakan sumber kalsium, yang membantu otak memproduksi melatonin. Plus, susu hangat dapat memicu kenangan yang menyenangkan yang membantu Anda tertidur.

3. Cemilan saat mengantuk

Harris mengatakan makanan yang menginduksi tidur terbaik mencakup kombinasi protein dan karbohidrat. Dia menyarankan makanan ringan dari setengah pisang dengan satu sendok makan selai kacang atau gandum utuh dengan cracker keju.

Makanlah salah satu makanan ringan tersebut sekitar 30 menit sebelum ke kamar tidur.

4. Magnesium

Magnesium tampaknya memainkan peran kunci dalam regulasi tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan magnesium bahkan dalam dosis kecil dapat mencegah otak dari menetap di malam hari.

Salah satu bentuk yang paling diserap dari magnesium ialah magnesium sitrat bubuk, tersedia di toko makanan kesehatan. Cobalah mengkonsumsi dua dosis, ikuti petunjuk label, sehari, dengan dosis kedua tepat sebelum tidur.

Anda juga bisa mendapatkan magnesium dari makanan. Sumber yang baik termasuk sayuran berdaun hijau, biji gandum, biji labu, dan almond.

5. Lavender

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak lavender menenangkan dan dapat membantu mendorong tidur pada beberapa orang dengan insomnia.

“Cobalah mandi air panas dengan minyak lavender sebelum tidur untuk merilekskan tubuh dan pikiran,” kata Harris.

6. Akar valerian

Obat herbal akar valerian telah digunakan untuk mengobati masalah tidur sejak zaman Romawi dan Yunani kuno. “Valerian dapat menenangkan dan dapat membantu Anda tertidur,” kata Marks.

Namun, penelitian tentang efektivitas valerian untuk insomnia masih membingungkan. Marks mengatakan jika Anda mencoba valerian sebagai obat tidur, bersabarlah. Hal ini dapat memakan waktu beberapa minggu untuk sifat penenangnya memberikan efek.

Bicaralah dengan dokter sebelum mengambil valerian dan ikuti petunjuk label.

7. L-theanine

Asam amino yang ditemukan dalam daun teh hijau, L-theanine dapat membantu memerangi kecemasan yang mengganggu tidur. Sebuah studi pada tahun 2007 menunjukkan bahwa L-theanine menurunkan detak jantung dan respon imunitas terhadap stres.

L-theanine bekerja dengan meningkatkan produksi hormon serotonin. Hal ini juga menyebabkan gelombang otak yang berhubungan dengan relaksasi. Sebelum mengambil L-Theanine, bicara dengan dokter tentang kemungkinan interaksi obat.

(foto: womenshealthmag.com)

Topik Terkait: , , , ,

Berikan Komentar