5 Spot Wisata Menarik di Pulau Kalimantan

Loading...

Spot wisata KalimantanApakah anda ingin merasakan nuansa hiburan yang berbeda? Menjelajahi pulau Kalimantan sepertinya akan menjadi tujuan menarik untuk hari libur anda.

Jangan salah, disini anda dapat menemukan banyak tempat wisata alam yang menarik dan tentunya penuh dengan tantangan.

Berikut adalah 5 rekomendasi tempat wisata di pulau Kalimantan yang dapat anda kunjungi.

1. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman nasional ini tepatnya berada di daerah Kalimantan Tengah. Jika anda seorang pecinta alam dan suka berpetualang, tempat ini bisa menjadi tujuan menarik karena anda dapat mengamati kehidupan satwa orang utan dan satwa tropis di alam terbuka.

Taman nasional ini juga memiliki tempat penangkaran orang utan yang terkenal di dunia. Jika anda ingin berkunjung ke sana, anda juga akan disuguhi perjalanan menggunakan kapal ke Sungai Sekonyer dari pangkalan Bun.

Selama perjalanan mengarungi sungai, anda akan merasakan suasana yang menarik dan menenangkan, jauh dari hingar bingar perkotaan. Anda dapat bersantai sambil melihat-lihat ke sekeliling, sambil mendengarkan suara orang utan dan satwa lain di dalam hutan.

READ:  8 Tips Traveling Bagi Ibu Hamil

2. Pasar Terapung

Pasar terapung di Kalimantan selatan, bisa menjadi tujuan anda selanjutnya. Anda dapat merasakan sensasi dari pasar tradisional ini dengan melakukan aktivitas jual beli di atas air.

Disini, pedagang dan pembeli melakukan aktivitasnya dengan menaiki perahu. Anda bisa berpindah dari pedagang satu ke pedagang lain dengan menggunakan perahu yang anda naiki. Anda bisa membeli barang dagangan berupa buah-buahan, sayur dan barang kebutuhan rumah tangga yang lain.

Jika anda ingin mengunjungi pasar ini pastikan anda tidak datang terlalu siang karena pasar ini akan bubar ketika matahari sudah mulai terik.

3. Kepulauan Derawan

Kepulauan ini terletak di Kalimantan timur.Tempat ini sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata pantai. Di sini anda akan disuguhi dengan pemandangan pantai yang sangat indah.

Hanya dalam jarak 50 meter dari bibir pantai, anda sudah dapat menyaksikan terumbu karang dan ikan-ikan yang indah. Air yang jernih dan bening akanmemudahan anda untuk menyaksikan pemandangan alam bawah laut yang sangat eksotis. Jika anda hobi diving, maka anda wajib datang mengunjungi tempat wisata ini.

READ:  5 Buah Eksotis dari Pulau Kalimantan

4. Sungai Kayan

Sungai kayan terdapat di kabupaten Bulungan.Sungai ini merupakan sungai kedua terpanjang di Kalimantan setelah sungai Mahakam. Jika anda menyukai tantangan dan suka dengan olahraga arum jeram, maka anda dapat berkunjung ke sini.

Sungai kayan termasuk sungai yang memiliki arus deras dan tingkat kesulitan di atas rata-rata, jadi sangat cocok menjadi tempat rekomendasi olahraga arum jeram.

5. Bukit Kelam

Bukit kelam terletak di daerah Kalimantan Barat dan merupakan sebongkah batu raksasa yang diklaim sebagai salah satu batu terbesar di dunia. Bukit ini berdiri tegak hampir 90 derajat.

Banyak hal menarik yang bisa anda temui di sini. Mulai dari wisata air terjun, goa alam yang berisi sarang ribuan wallet, dan pemandangan alam yang eksotis.

Jika anda seorang pecinta alam dan hobi naik gunung, anda bisa mencoba mendaki puncak bukit ini dan menyaksikan pemandangan fantastis dari atasnya. Jika itu belum cukup untuk memacu adrenalin anda, anda bisa mencoba olahraga terbang layang maupun paralayang dari puncak bukit ini. Menarik bukan?

READ:  5 Pahatan Batu Terindah di Dunia

(foto: tourismnews.co.id)