Susu Kedelai, Minuman Terbaik Untuk Kesehatan Jantung


susu kedelaiSusu Kesehatan dari Kacang Kedelai

Susu kedelai merupakan minuman bergizi yang kaya protein. Terbuat dari gilingan kacang kedelai yang sebelumnya direndam dalam air.

Kandung susu kedelai

Selain mengandung protein tinggi, dalam susu kedelai juga terdapat asam lemak, serat, vitamin dan mineral yang mendukung fungsi dasar tubuh, serta meningkatkan metabolisme yang lebih efisien.

Dalam susu kedelai, mengandung pula antioksidan dan phytosterol, yang membantu memperkuat system kekebalan tubuh dan melindungi dari bebeberapa penyakit.

Susu kedelai dan kadar kolesterol darah

Minum susu dapat meningkatkan kadar kolesterol darah, tetapi susu kedelai secara alami bebas kolesterol. Konsentrasi tinggi dari asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh rangkap secara efektif dapat menghambat kolesterol yang memasuki aliran darah.

Dilansir dari fitday.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan rutin susu kedelai dapat mengurangi trigliserida darah dan low-density lipoprotein (LDL), serta mampu meningkatkan konsentrasi high-density lipoprotein (HDL).

Ini berarti terjadi peningkatan kualitas darah, dimana dapat menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

Mengapa susu kedelai bagus bagi kesehatan jantung?

Berbicara mengenai penyakit, apakah Anda memiliki riwayat penyakit jantung? Jika benar, maka Anda wajib mengkonsumsi susu kedelai.

Susu kedelai merupakan minuman yang baik bagi kesehatan tubuh. Pada susu kedelai, terdapat saponin, isoflavon, dan oligosakarida, yang semua komponennya memiliki peranan penting bagi kesehatan, khususnya organ jantung.

Sering meminum susu kedelai segar dapat menjaga keseimbangan gizi normal, mengatur sistem endokrin, menurunkan tingkat tekanan darah, mengontrol lemak, dan mencegah kanker.

Dan yang lebih penting, susu kedelai bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi beban pada sistem kardiovaskular, sehingga hal ini dapat meningkatkan vitalitas jantung.

**

Banyak manfaat yang kita peroleh dengan mengkonsumsi susu kedelai. Susu kedelai mampu mengatasi berbagai macam penyakit dan memiliki peranan penting dalam mengontrol aliran darah ke jantung.

Beberapa ilmuwan menganggap susu kedelai sebagai ‘minuman terbaik untuk kesehatan jantung’. Oleh karena itu, sayangi jantung Anda dengan minum susu kedelai.

(Photo: health.kompas.com)

Topik Terkait: , , ,


BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>