Phytosterol Mampu Menurunkan Kolestrol

sumber phytosterols

Makanan Sumber Fitosterol

Apa itu Fitosterol?

Fitosterol atau dalam penulisan ilmiah “Phytosterol” merupakan komponen penting dari sel tumbuhan. Fitosterol sangat penting untuk menjaga fungsi normal di sistem kerja membran sel tubuh.

Loading...

Dalam beberapa tahun terakhir, Fitosterol memberikan efek menguntungkan terhadap kesehatan manusia.

Fitosterol sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan karena dapat sebagai anti-inflamasi, antikanker, dan kekebalan tubuh.

Fitosterol telah terbukti mampu menghambat terjadinya kanker usus besar (kolon) dan berperan penting pula sebagai anti tumor.

Mengapa fitosterol bisa menekan kadar kolestrol?

Fitosterol, yang secara struktural dan fisiologis mirip dengan kolesterol, adalah kelompok triterpen steroid. Karena struktur yang hampir sama ini, fitosterol mampu menghambat kolesterol dalam absorbsi di usus.

Hal ini mengakibatkan jumlah kolestrol yang diserap oleh usus berkurang.

Dalam penelitian Feng-Qing Wang, Kang Yao and Dong-Zhi Wei, State Key Laboratory of Bioreactor Engineering, China, menunjukkan fitosterol dapat menurunkan penyerapan kolesterol usus, sehingga mengurangi low-density lipoprotein dan risiko aterosklerosis.

Fitosterol dikonsumsi dalam jumlah normal dapat mempengaruhi metabolisme kolesterol. Ostlund, menjelaskan fitosterol alami yang terdapat dalam biji gandum dan minyak jagung mampu menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran mengandung pula fitosterol.

Menurut Timothy, Department of Nutrition and Health Sciences, University of Nebraska, USA, jumlah nutrisi fitosterol diperkirakan 200-300 mg/d dari berbagai sumber bahan alami.

**

Oleh karena itu, jika Anda ingin hidup sehat, maka konsumsilah pangan yang mengandung fitosterol. Produk pangan seperti margarine, sereal, dan kacang-kacangan memiliki fitosterol yang cukup tinggi dalam membantu meningkatkan kesehatan Anda.

(Photo: aveka.com)

READ:  10 Cara Alami Terbaik Menurunkan Kolesterol