4 Cara Memutihkan Gigi di Rumah

Cara Memutihkan Gigi di RumahSaat ini, hampir semua orang mendambakan gigi yang putih. Tingkat keputihan gigi menjadi salah satu indikator perawatan diri dan esensi dari senyum yang indah.

Banyak klinik perawatan gigi profesional yang menawarkan pemutihan gigi secara cepat. Namun tentu biayanya mahal. Anda dapat melakukan sendiri pemutihan gigi di rumah. Walaupun hasilnya tidak akan sebagus klinik gigi profesional, namun setidaknya dapat meningkatkan level putihnya gigi Anda.

Berikut ini beberapa pilihan cara memutihkan gigi yang bisa Anda lakukan di rumah.

Loading...

1. Gunakan Whitening Strip

Beli lah Whitening Strip apotek atau toko obat. Whitening Strip ini memiliki gel yang menempel pada strip nya. Ciri-ciri Whitening Strip  yang baik adalah mendapat rekomendasi dari Ikatan Dokter Gigi Indonesia. Kemudian tidak mengandung klorin dioksida, karena akan merusak enamel. Langkah-langkah menggunakan Whitening Strip adalah sebagai berikut.

a. Gosoklah gigi Anda terlebih dahulu menggunakan pasta gigi.

b. Bacalah aturan pakainya terlebih dahulu. Berapa lama jangka waktu pemakaian dan berapa lama Whitening Strip ditempelkan di gigi Anda. Biasanya sekitar setengah jam Whitening Strip ditempelkan di gigi Anda, tapi berbeda-beda tergantung merk nya. Ada Whitening Strip yang sekali pakai dan ada yang bisa beberapa kali dipakai.

READ:  Cara Menjaga Gigi Tetap Putih dan Sehat

c. Tempelkan Whitening Strip di gigi Anda sesuai aturan pakai yang tadi telah Anda baca.

d. Lepaskan Whitening Strip dari gigi Anda.

e. Cuci mulut Anda dengan cara berkumur. Ulangi beberapa kali sampai tidak ada sisa gel yang menempel di mulut Anda

2. Gunakan Teeth Whitening Gel

Anda bisa mendapatkan Teeth Whitening Gel di apotek atau supermarket. Carilah yang sudah mendapat persetujuan dari Kementrian Kesehatan dan Ikatan Dokter Gigi Indonesia.

Bacalah aturan pakainya terlebih dahulu. Cara menggunakan Teeth Whitening Gel sama dengan menggosok gigi seperti biasa. Sikat yang digunakan juga boleh sikat gigi yang Anda pakai sehari-hari.

3. Gunakan Hidrogen Peroksida

Memutihkan gigi menggunakan Hidrogen Peroksida adalah satu metode yang aman menurut Asosiasi Dokter Gigi Amerika. Selain itu, memutihkan gigi menggunakan Hidrogen Peroksida lebih murah daripada membeli perlengkapan pemutih gigi.

Hidrogen Peroksida biasanya dgunakan untuk merawat luka. Tapi juga bagus untuk kebersihan mulut. Hidrogen Peroksida yang akan digunakan untuk memutihkan gigi adalah yang konsentrasinya 3%.

READ:  7 Tips dan Cara Menjaga Gigi Tetap Putih

Langkah-langkah menggunakan Hidrogen Peroksida adalah sebagai berikut.

a. Tuangkan 2 sendok makan Hidrogen Peroksida ke dalam gelas (30 milimeter). Campur dengan air secukupnya. Airnya jangan kebanyakan, cukup untuk berkumur satu kali.

b. Masukkan larutan itu ke mulut Anda. Biarkan selama 1 menit. Larutan akan mulai berbusa. Hal ini menandakan bahwa Hidrogen Peroksida sedang bekerja. Hidrogen Peroksida bereaksi dengan bakteri di mulut menghasilkan busa.

c. Kemudian kumur-kumur larutan Hidrogen Peroksida tersebut. Lalu keluarkan dari mulut Anda.

d. Berkumurlah dengan air bersih.

e. Kemudian, sikat gigi lah seperti biasa.

4. Gunakan Baking Soda dan Jus Lemon

Anda dapat membeli Baking Soda di apotek atau supermarket. Sedangkan jus lemon bisa Anda buat sendiri di rumah. Berikut ini cara menggunakan Baking Soda dan Jus Lemon untuk memutihkan gigi Anda.

a. Peraslah jus dari 1/2 butir lemon.

b. Campur jus segar tersebut dengan 1/4 cangkir baking soda. Biarkan sampai sedikit berbusa.

c. Ambillah kapas atau kain yang lembut, lalu celupkan ke dalam larutan tersebut. Lalu gosokkan ke gigi Anda. Pastikan Anda menjangkau seluruh sudut gigi. Gosoklah juga punggung gigi.

READ:  5 Alasan Mengapa Wanita Butuh Suplemen Protein

d. Biarkan selama satu menit lalu segera sikat gigi Anda. Jangan biarkan terlalu lama karena larutan ini bersifat asam dan malah dapat menghilangkan putihnya gigi Anda.

e. Gunakan minimal seminggu sekali. Seiring waktu, Anda akan melihat perubahan pada gigi Anda. Gigi Anda akan nampak lebih putih.

**

Demikianlah 4 cara memutihkan gigi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Selain itu, biayanya juga relatif murah. Semoga bermanfaat 🙂