5 Langkah Mudah Menghilangkan Memar

tips menghilangkan memar

Memar dapat terjadi karena terbenturnya salah satu anggota badan dengan benda tumpul secara keras sehingga membuat beberapa pembuluh darah dalam tubuh Anda pecah dan bergumpal.

Bekas memar pada bagian tubuh membuatnya terlihat lebih mencolok karena berbeda dari warna kulit Anda.

Warna yang ditimbulkan biasanya ungu kebiruan atau merah keunguan. Memar juga menimbulkan rasa pedih pada tubuh saat disentuh ataupun tidak. Memar dapat membekas lama pada tubuh Anda.

Karena itu berikut beberapa tips menghilangkan memar yang dapat kami bagi untuk Anda.

1. Saat Anda mendapatkan memar pada tubuh, ambil kantung kompres atau kain yang telah diisi dengan es batu. Setelah itu, letakkan kompres tersebut pada bagian tubuh yang memar. Diamkan selama 15 menit.

Anda dapat mengompres juga sekitar daerah memar dengan cara menekan secara lembut agar mengurangi rasa nyeri disekitarnya.

2. Tinggikan bagian tubuh Anda yang memar. Hal ini akan membantu lancarnya peredaran darah dalam tubuh Anda sehingga akan mengurangi warna pada kulit.

3. Jika Anda merasakan rasa nyeri yang berlebihan, Anda dapat mengkonsumsi obat agar tidak terjadi infeksi dan juga mengurangi rasa sakitnya.

4. Anda dapat menggunakan daun kubis sebagai alat kompres pada bagian tubuh yang memar. Caranya, cuci daun kubis lalu hancurkan sampai halus. Setelah itu tempelkan pada bagian yang memar. Ganti perban tersebut setiap 3 jam.

5. Selain daun kubis, Anda juga dapat menggunakan daun sup atau seledri untuk mengobati memar. Caranya ambil beberapa lembar daun sup, setelah itu hancurkan daun sup tersebut sampai halus lalu tempelkan pada bagian yang memar.

**

Demikianlah 5 langkah mudah menghilangkan memar. Memar biasanya akan hilang kurang lebih seminggu. Jika memar tidak juga hilang, konsultasikan pada dokter Anda karena mungkin saja telah terjadi infeksi lanjut pada memar tersebut.

(foto: hannahtodhunter.wordpress.com)

Topik Terkait: , , ,

Berikan Komentar