6 Manfaat Telur Bagi Kesehatan Manusia

telur ayam kampungTelur ayam kampung

Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang mengandung protein tinggi. Ada beberapa jenis telur yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia seperti telur ayam kampung, telur puyuh, telur angsa dan telur bebek.

Namun yang menjadi favorit adalah mengkonsumsi telur ayam kampung, banyak yang mengatakan kalau telur ayam kampung lebih nikmat dan menyehatkan badan kita.

Loading...

Telur terdiri dari 3 bagian yaitu cangkang telur, putih telur dan kuning telur. Semua bagian telur dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia, seperti cangkang telur dapat dibuat hiasan yang menarik.

Hingga saat ini jenis telur yang dipercaya paling baik adalah telur ayam kampung, sebab jenis ayam kampung tidak diberikan makanan buatan, melainkan masih makan makanan alami.

Nah apa saja manfaat telur bagi tubuh manusia?

1, Merawat mata

Di dalam telur mengandung karotenoid, kandungan karotenoid sangat besar terutama pada bagian kuningnya.

Kandungan karotenoid di dalam telur dapat dimanfaatkan untuk mengurangi resik penyebab AMD ( agerelated macular degeneration).

READ:  Manfaat Telur Ayam dan Ikan Tuna

2. Mengatasi anemia

Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi di dalam tubuh, akibatnya kita merasa sering sakit kepala, mual dan cepat stres. Zat besi berperan dalam mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

Kandungan zat besi di dalam kuning telur sangat mudah dicerna oleh tubuh manusia sehingga sangat baik untuk kesehatan.

3. Mengatasi jerawat

Penggunaan masker wajah dari putih telur ternyata bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Hal ini disebabkan putih telur banyak mengandung asam amino dan protein.

4. Melembutkan kulit

Kandungan protein yang tinggi pada putih telur dapat dimanfaatkan untuk melembutkan kulit terutama pada kulit wajah. Menggunakan putih telur sebagai masker wajah dapat membuat kulit kita menjadi lembut seperti kulit bayi.

5. Mengencerkan otak anak

Di dalam sebutir telur mengandung 275 mg kaolin .Kolin berperan dalam membantu perkembangan otak janin di dalam kandungan dan mempertajam ingatan pada anak.

Kekurangan kolin di dalam tubuh dapat memudahkan kita terkena penyakit dan memperlambat penyembuhan sakit.

READ:  Penyebab dan Gejala Ketoasidosis Diabetik

Selain itu, mengoknsumsi telur dapat menghasilkan membran sel saraf baru sehingga dapat membuat tubuh selalu segar

6. Meningkatkan hormon testosteron

Di dalam kuning telur mengandung zink yang dekonsentrasi. Zinc (seng) merupakan trace mineral yang tidak mudah ditemukan pada bahan makanan lainnya.

Jadi mengonsumsi telur dapat meningkatkan hormon testosteron pada pria.

**

Demikianlah 6 manfaat telur bagi kesehatan tubuh manusia. Walaupun memiliki banyak manfaat ternyata beberapa orang mengalami alergi pada telur sehingga tidak bisa mereka konsumsi.

Photo : makeitaffordable.com