6 Manfaat Baik Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat beras merah

Beras merah adalah beras yang belum melalui proses grinding atau pengelupasan kulit, sehingga lapisan kulit yang mengelilingi beras masih ada. Lapisan kulit inilah yang berisi nutrisi dan serat yang penting bagi tubuh.

Beras merah berbeda dari beras putih yang telah melalui proses pengelupasan kulit dan hanya beras yang bersisa sehingga tidak memiliki serat. Mengkonsumsi beras putih dapat meningkatkan kadar gula darah.

Berikut alasan mengapa mengkonsumsi beras merah lebih memberi manfaat kesehatan dibandingkan dengan beras putih.

1. Kaya Serat

Beras merah atau beras hitam memiliki kadar serat yang tinggi dan kadar karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan sedangkan nasi putih hanya mengandung karbohidrat sederhana.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Glikemik indeks diartikan sebagai jumlah yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah yang berasal dari karbohidrat.

Selain itu beras merah baik sebagai sumber energi yang dibutuhkan tubuh.

3. Lebih Cepat Kenyang

Studi yang dilakukan di British Journal of Nutrition menemukan bahwa makan karbohidrat kompleks, seperti oatmeal, beras merah dan kentang akan membuat Anda lebih cepat kenyang selama berjam- jam dan asupan kalori yang Anda makan tidak lebih dari 320 kalori per hari.

4. Sebagai Antioksidan

Beras merah adalah sumber dari besi atau mangan di mana mangan berperan untuk memproduksi energi bagi tubuh seperti antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain itu, beras merah kaya akan seng, mineral yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan memelihara sistem kekebalan agar dapat berfungsi dengan benar.

5. Mengandung Vitamin B6

Dengan makan satu porsi beras merah, Anda dapat memenuhi 23 persen vitamin B6 sesuai jumlah yang diperlukan untuk fungsi organ.

Vitamin ini diperlukan untuk membantu menyeimbangkan pembentukan serotonin, sel darah merah dan membantu produksi DNA sel.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Beras merah dikenal juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi beras merah, maka akan membantu meningkatkan tingkat kolesterol baik.

**

Demikianlah 6 manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh manusia. Beras merah bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

(foto: anakku.net)

Topik Terkait: , , ,
0 comments