Khasiat dan Manfaat Buah Berdasarkan Warnanya

manfaat buah

Buah-buahan mengandung serat, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah juga mengandung antioksidan yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan menjaga dari serangan penyakit.

Dianjurkan agar rutin mengkonsumsi buah setiap hari untuk menjaga keseimbangan gizi dan mendapatkan manfaat buah secara maksimal. Dengan memasukkan buah ke dalam menu harian Anda, secara tidak langsung Anda sudah melakukan diet secara alami dan menerapkan pola hidup sehat agar tubuh selalu sehat dan bugar.

Nah, tahukah Anda bahwa warna berbeda pada setiap buah memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh Anda. Apa saja manfaat buah tersebut?

Berikut ulasan manfaat buah berdasarkan warnanya.

Warna Merah

Buah yang memiliki warna merah seperti apel atau strawberi termasuk dalam jenis buah yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, pembekuan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Buah yang berwarna merah pada umumnya kaya akan antioksidan kuat yang melindungi dari kanker. Antioksidan kuat misalnya lycopene dapat memperlambat pengerasan arteri dan mencegah pertumbuhan tumor.

Kandungan lycopene-lah yang menjadikan buah tersebut berwarna merah. Misalnya tomat, semangka dan pepaya.

Warna Hijau

Buah yang berwarna hijau seperti jambu batu, alpukat, paprika hijau, apel hijau atau mangga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta baik untuk mata dan kulit. Buah ini juga kaya akan vitamin, seperti folat, mineral, dan serat.

Buah berwarna hijau mengandung phytochemical berupa lutein dan zeaxanthin, yang terbukti dapat menghambat laju pertumbuhan sel kanker payudara.

Warna Kuning

Mungkin sebagian buah memiliki warna ini. Buah yang berwarna kuning berarti memiliki kandungan karoten tinggi yang digunakan oleh tubuh untuk membuat vitamin A. Vitamin A sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

Buah dengan warna ini juga mengandung vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda. Anda dapat menemukannya pada lemon atau jeruk.

Warna Putih

Buah berwarna putih kelihatan tidak mencolok padahal memiliki manfaat untuk kesehatan yang tidak kalah dengan buah lainnya, misalnya buah pir, bengkoang, bawang putih dan lain-lain.

Buah yang berwarna putih seperti bengkoang baik untuk menurunkan kadar kolesterol, mengatur tekanan darah dan mencegah kanker. Banyak yang merekomendasikan bawang putih untuk mencegah kanker, penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah.

Warna Biru/Ungu

Buah yang berwarna biru atau ungu seperti terong, blackberry, buah ara atau plum disebabkan oleh kandungan antosianin. Antosianin dapat melawan kanker dan mendukung sistem vaskular.

Buah dengan warna ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, vitamin C dan rendah kalori.

**

Itulah manfaat dan khasiat buah berdasarkan warnanya. Semoga bermanfaat.

Topik Terkait: , ,

Berikan Komentar