8 Cara Sederhana Detoksifikasi

detoksifikasi

Apa itu detoktifikasi?

Menurut Dr. Frank Lipman, seorang ahli di bidang pengobatan integratif yang diakui secara internasional, dalam situs pribadinya, detoksifikasi adalah apa yang tubuh Anda secara alami lakukan untuk menetralkan, mengubah atau menyingkirkan bahan yang tidak diinginkan atau racun. Ini adalah fungsi utama dari tubuh, terus-menerus bekerja dan berinteraksi dengan fungsi lain dari tubuh.

Jadi ketika berbicara tentang detoksifikasi, ini adalah tentang meningkatkan dan mengoptimalkan fungsi sistem detoks tubuh Anda sendiri.

Hal ini dilakukan dengan mengurangi jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh dan pada saat yang sama mendukung detoksifikasi tubuh dan sistem eliminasi dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Loading...

Berikut adalah 8 cara sederhana untuk melakukan detoksifikasi, dilansir dari Shape:

Kurangi Asupan Gula Anda

Detoks musiman adalah cara yang efektif untuk membersihkan tubuh dari racun, yang juga akan mempercepat metabolisme dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Mulailah dengan mengurangi jumlah gula yang Anda konsumsi, kata Matt Dower, direktur spa Mirbeau Inn & Spa di Skaneateles, New York. Dan itu termasuk madu, sirup, dan pemanis buatan.

Mulai Dengan Air

Dower juga menyarankan Anda minum segelas tinggi air dengan sari dari setengah lemon di pagi hari. “Lemon membantu me-rehidrasi sistem dan meningkatkan pencernaan, yang akan membantu aliran limbah keluar dari tubuh Anda,” katanya.

Gerakkan Tubuh Anda

Olahraga teratur mendorong sirkulasi darah dan sistem getah bening, kata Dower. Melakukan hal itu juga akan meningkatkan pencernaan, mengurangi ketegangan, melumasi sendi, dan memperkuat tubuh Anda. Ini adalah fakta yang telah terbukti.

“Orang yang berolahraga secara teratur memiliki jumlah racun jauh lebih sedikit dalam sistem mereka,” jelasnya.

Minum Banyak Teh

“Teh tidak hanya penuh antioksidan, ia menghidrasi Anda (terutama dalam bentuk herbal) dan mengisi Anda,” kata Ashley Karr, seorang psikolog penelitian dan pelatih kesehatan. “Ini berarti Anda akan cenderung makan berlebihan atau makan makanan yang salah!”

Perlu diingat, kafein dalam teh berbeda dari kafein dalam kopi – ia lembut pada sistem Anda. Ini juga akan memberi Anda kekuatan restoratif tanpa kegelisahan.

Makan Organik

Chad Sarno, kepala penelitian dan pengembangan Whole Foods’ Health Starts Here berinisiatif menyarankan Anda mengkonfigurasi ulang makanan Anda tahun ini. Sayuran hijau, misalnya, penuh dengan mikronutrien dan sangat rendah kalori.

“Berbagai buah dan sayuran berwarna-warni harus menjadi fokus utama makanan Anda, bersama dengan gandum, kacang dan polong, dan sejumlah kecil kacang-kacangan dan biji-bijian,” katanya.

Lawan Polutan Lingkungan

Jangan lupa, polusi dan alergen ada di sekitar Anda. Mereka berada di udara dan dapat memicu gejala alergi. Dr. Travis Stork, host talk show The Doctors menyarankan Anda membersihkan hidung Anda secara teratur dengan neti pot (alat yang digunakan untuk mengairi saluran hidung).

Ini dapat menghilangkan efek samping dari polusi udara dan menyebabkan pernapasan yang lebih baik secara alami. Menggunakannya sebelum tidur bahkan akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Keluarkan Keringat dalam Sauna

Forbes Riley, pencipta produk kebugaran SpinGym, adalah penggemar berat detoksifikasi. Inilah bagaimana ia kehilangan berat badan pada usia 42 tahun setelah melahirkan anak kembar.

Dia menyarankan Anda menggunakan sauna secara teratur. “Tidak ada yang lebih men-detoks dibandingkan mengeluarkan keringat,” katanya.

Eksfoliasi

“Menggosok kulit dan memberikan pijatan dengan minyak akan membantu pengelupasan racun dari kulit dan menyegarkan sirkulasi,” kata Christina Chodos, seorang konselor kesehatan bersertifikat dan pendidik dari Chicago, IL.

(foto: hafiftarif.com)

READ:  Makanan Detoksifikasi yang Membersihkan Tubuh