6 Tips dan Cara Agar BAB Selalu Lancar

sembelitSembelit adalah masalah akibat BAB tidak lancar

BAB atau buang air besar adalah aktivitas metabolisme tubuh manusia, dimana saat itu sisa makanan yang tercerna dan limbah dari dalam tubuh dikeluarkan agar tidak membahayakan tubuh kita. BAB dapat dilakukan kapan saja, tetapi biasanya orang akan melakukannya saat pagi hari sebelum beranjak ke kantor atau ke sekolah.

Normalnya, BAB tidak susah dan dilakukan secara rutin setiap hari. Namun ada beberapa orang yang biasa mengalami gangguan pada sistem pencernaan sehingga BAB menjadi tidak lancar dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nah, berikut ini ada beberapa tips dan cara agar proses BAB selalu lancar. Mari disimak.

1. Hindari kafein

Minuman seperti teh dan kopi banyak mengandung kafein, sedangkan kafein dapat menyebabkan kita mengalami dehidrasi yang merupakan penyebab sembelit.

Perbanyak minum air putih jika anda tidak dapat meninggalkan kopi dan teh untuk mencegah dehidrasi.

2. Hindari makanan berminyak

Makanan berminyak seperti gorengan memang mengundang selera makan. Namun ternyata makanan yang mengandung minyak tinggi dapat memperlambat proses pencernaan sehingga BAB menjadi tidak lancar.

3. Perbanyak konsumsi serat

Serat dapat diperoleh dari sayuran ataupun buah – bahan. Banyak serat dalam tubuh dapat melembekkan massa feses, memperpendek masa transit feses di usus sehingga mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

4. Cukupkan probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang biasanya terkandung pada yoghurt atau kimchi, berfungsi dalam membantu usus bekerja lebih baik agar terhindar dari masalah pencernaan.

5. Perbanyak olahraga

Olahraga membuat usus aktif bergerak sehingga masa transit feses di dalam usus menjadi cepat. Kurang bergerak membuat masa transit feses di dalam usus menjadi lambat sehingga feses mengeras dan sulit dikeluarkan.

6. Segera melakukan BAB

Jangan membiasakan menunda BAB ketika telah ada rangsangan untuk melakukan BAB. Sebab jika BAB ditunda maka dapat menyebabkan usus mengambil kembali cairan yang terdapat pada feses. Akibatnya feses mengeras dan sulit untuk dikeluarkan.

**

Demikianlan 6 tips dan cara agar BAB selalu lancar. Penting untuk menjaga BAB tetap lancar agar tidak berdampak pada kesehatan tubuh yang akan menimbulkan wasir dan BAB berdarah, bahkan kanker usus.

(foto : vemale.com)


Topik Terkait: , ,

3 Komentar

  1. Bagaimana jika kalau kita mengkonsumsi makanan yg berserat bab juga tidak lancar….???

  2. robert sastro says:

    Pertanyaan sama dengan komentar diatas!! Mohon dijawab,

  3. bagaimana jika sudah mkan makanan berserat tetapi masih saja bab itu tdak lancar????

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>