Mengenal Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Olive OilMinyak zaitun dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan, serta digunakan dalam berbagai resep masakan dan produk kosmetik.

Kandungan tinggi kadar lemak tak jenuh menjadikan minyak zaitun sebagai salah satu minyak paling sehat di dunia.

Khasiat minyak zaitun yang telah dibuktikan melalui berbagai penelitian menjadikan minyak ini dipercaya selama berabad-abad dalam perawatan kecantikan dan menjaga kesehatan tubuh manusia.

Loading...

Ada beberapa tingkatan dari minyak zaitun, tergantung dari pengolahan dan kemurnian minyak zaitun tersebut.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai minyak zaitun yang paling berkualitas yaitu minyak zaitun extra virgin atau extra virgin olive oil.

Apa itu minyak zaitun extra virgin

Extra virgin merupakan kualitas tertinggi dari klasifikasi minyak zaitun makanya harganya bisa paling mahal karena tidak cacat dan memiliki rasa segar buah zaitun.

Jenis minyak zaitun ini merupakan jenis paling murni karena dibuat hanya dengan satu kali proses saja dari buah zaitun, dalam rentang waktu 24 jam. Minyak zaitun extra virgin kaya dengan kandungan senyawa polifenol dan dapat dikonsumsi langsung sebagai dressing salad.

Persyaratan minyak zaitun extra virgin

Dalam istilah kimia, extra virgin olive oil digambarkan memiliki keasaman bebas, dinyatakan sebagai asam oleat, tidak lebih dari 0,8 gram per 100 gram dan nilai peroksida kurang dari 20 O2 miliekuivalen.

READ:  Ini dia Daftar Makanan Murah yang Sehat

Ini harus diproduksi sepenuhnya dengan cara mekanis tanpa menggunakan pelarut apapun, dan di bawah suhu yang tidak akan menurunkan kualitas minyak (kurang dari 86 ° F, 30 ° C).

Agar minyak zaitun memenuhi syarat sebagai “extra virgin“, minyak juga harus melewati dua tes resmi kimia di laboratorium dan evaluasi sensorik oleh sebuah panel terlatih yang diakui oleh Olive Council International.

Minyak zaitun harus ditemukan untuk bebas dari cacat sementara menunjukkan beberapa fruitiness (semacam kesegaran buah asli).

Karena minyak zaitun extra virgin hanya menekan jus buah tanpa aditif, faktor yang mempengaruhi kualitas dan rasa termasuk varietas zaitun yang digunakan, terroir dan keputusan yang tak terhitung jumlahnya, praktek produksi dan dedikasi pembuatnya.

Karakteristik minyak zaitun extra virgin

Minyak zaitun extra virgin harus memiliki karakteristik yang baik seperti:

1. Fruity
Memiliki karakteristik rasa pedas buah zaitun matang atau hijau segar. Ketika diolah menghasilkan minyak yang lebih ringan, aromatic dan buttery. Hasil dari fruitiness sangat bervariasi karena tergantung jenis dari buah zaitun itu sendiri.

READ:  Tips Membersihkan Make-Up dengan Minyak Zaitun

2. Bitter
Membuat sensasi rasa tajam yang menyenangkan di lidah.

3. Tajam
Menciptakan sensasi pedas di mulut dan tenggorokan.

(foto: oliveoilexcellence.com)