8 Penyebab Mengapa Anda Mudah Lupa

jika sering lupaPenyebab sering lupa

Jadi, Anda tahu bahwa Anda seharusnya melakukan sesuatu – tetapi Anda tidak dapat mengingat apa itu. Atau, di tengah-tengah percakapan, Anda lupa apa yang Anda ingin katakan. Jangan menyalahkan usia, kerja terlalu keras atau kelebihan beban pikiran.

Di sini, kami memaparkan beberapa masalah kesehatan umum yang dapat menyebabkan kelupaan, dilansir dari body+soul.

Tekanan Darah Tinggi

Studi REGARDS di Amerika Serikat menemukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi lebih buruk dalam melakukan tes memori dan memori mereka menunjukkan penurunan lebih besar dari waktu ke waktu. Penelitian ini melibatkan lebih dari 30.000 orang selama empat tahun.

“Peningkatan tekanan darah dapat berarti perubahan struktural dalam pembuluh darah, membuatnya lebih tebal dan lebih sulit untuk mendapatkan darah ke seluruh tubuh,” kata Dr. Gavin Lambert, dari Baker IDI Heart & Diabetes Institute.

Perjalanan Jarak Jauh

Memori dapat mulai terpengaruh setelah penerbangan yang berlangsung lebih dari empat jam, kata Dr. Ronald McCoy, juru bicara Royal Australian College of General Practitioners.

“Ini mirip dengan ketukan di kepala dan menderita kehilangan memori jangka pendek. Mereka sembuh tapi mungkin tidak ingat apa yang terjadi saat itu,” katanya. “Mereka berfungsi dengan baik pada saat itu tetapi di kemudian hari memiliki masalah dalam mengingat apa yang terjadi pada waktu tertentu.”

Kekurangan Vitamin B12

“Vitamin B12 sangat penting untuk fungsi saraf normal,” kata Denise Griffiths, juru bicara Dietitians Association of Australia. “Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan perubahan kognitif, dari kehilangan memori hingga demensia.”

Para ilmuwan percaya vitamin B12 dapat menjaga selubung myelin – lapisan yang memisahkan saraf kita. Jika selubung rusak, dapat mempengaruhi pengiriman pesan dari dan ke otak.

Menopause

Sebuah studi tahun 2008 di University of Illinois menemukan hubungan antara hot flush dan memori verbal buruk. Studi ini diikuti penelitian lain yang menemukan sekitar 40 persen wanita melaporkan menjadi lebih pelupa sekitar menopause.

Dr. Elizabeth Farrell, konsultan ginekolog dengan Jean Hailes for Women’s Health, mengatakan meski tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa menopause memicu kehilangan memori, wanita memang melaporkan perasaan yang kacau kadang-kadang. “Wanita harus berbicara dengan dokter tentang gejala-gejala ini jika mempengaruhi kualitas hidup mereka.”

Kemoterapi

Sebuah penelitian di Stanford University di Amerika Serikat menemukan pasien kanker payudara yang telah menjalani kemoterapi menderita beberapa dampak pada bagian otak yang bertanggung jawab pada memori dan perencanaan.

“Salah satu potensi efek samping yang tidak diinginkan dari kemoterapi adalah apa yang kita sebut ‘otak kemo’ atau ‘kemo kabut’,” kata Dr. Helen Zorbas, CEO dari Cancer Australia.

Masalah Tiroid

Jika Anda memiliki hipotiroidisme – tiroid yang kurang aktif – kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Hal ini menyebabkan metabolisme lambat dan kelelahan, dan dapat menyebabkan beberapa kelupaan.

Hipotiroidisme lebih umum terjadi setelah usia 40 dan mempengaruhi sekitar 6 sampai 10 persen wanita dan sejumlah kecil pria. “Bila Anda memiliki kondisi medis yang menyebabkan kelelahan, mudah untuk menjadi pelupa. Tapi jika dirawat, orang sembuh dengan baik dan memori juga pulih, “kata McCoy.

Kehamilan

Memang benar – kehamilan dapat mempengaruhi memori. “Tugas memori yang dipraktekkan dengan baik, seperti mengingat nomor telepon teman-teman dan anggota keluarga, tampaknya tidak akan terpengaruh,” kata peneliti Dr Julie Henry, yang terlibat dalam studi University of New South Wales yang menemukan wanita hamil mengalami beberapa kelupaan sementara.

Alkohol

Terlalu banyak alkohol memiliki dampak negatif pada hippocampus – bagian dari otak yang terlibat dengan merekam dan menyimpan kenangan.

“Alkohol mencegah penyimpanan memori jangka pendek ke memori jangka panjang,” kata McCoy.

(foto: sparkpeople.com)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *