5 Tips Menjelajah Internet Secara Aman Dan Nyaman

Menjelajah Internet Menjelajah Internet Secara Aman Dan Nyaman

Berselancar di internet, browsing sana sini mencari informasi, mengakses email dan eksis di jejaring sosial sepertinya sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat perkotaan. Aktivitas ini bukan tanpa bahaya dan ancaman, ada banyak virus, spammer, phiser dan scam mengintai.

Nah, tips berikut ini wajib dibaca demi menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berinternet:

Loading...

1. Hindari link mencurigakan, karena link ini merupakan salah satu sarana bagi hacker untuk mengarahkan ke situs palsu atau situs yang berbahaya.

Jangan diklik hingga Anda yakin bahwa situs tersebut asli. Link-link ini terkadang dikirimkan melalui email, chat atau jejaring sosial.

2. Selalu mengupgrade sistem operasi dan program pada komputer pribadi atau laptop Anda. Jangan lupa untuk menginstal patch keamanan terbaru yang memungkinkan untuk update secara otomatis.

3. Unduh aplikasi dari situs web resmi. Jangan mengunduh program atau aplikasi dari situs web yang tidak memberikan jaminan keamanan.

Udah banyak tuh situs web yang menawarkan program yang dimodifikasi , tapi mana kita tahu bahwa program tersebut mengandung ancaman atau tidak. Jadi untuk amannya, pastikan untuk selalu mengunduh program dan aplikasi dari situs web resmi.

READ:  6 Smartphone Keluaran Terbaru Tahun 2014

4. Gunakan program yang menjaga dan meningkatkan keamanan seperti antivirus, firewall dan antispam.

5. Selalu memastikan sebelum mengklik link. Hacker menggunakan teknik SEO terbaru untuk menempatkan page-nya pada halaman teratas mesin pencari. Periksa linknya, cek kembali sebelum Anda mengklik untuk mengakses.

(foto: onlineuniversities.com)