5 Cara Mencegah dan Mengobati Bibir Pecah-Pecah

Loading...

Bibir keringBibir kering yang tidak segera dirawat berpotensi menjadi pecah-pecah

Bibir kering adalah bibir yang tidak sehat dan sangat beresiko besar untuk menjadi pecah-pecah. Bibir kering dan pecah-pecah tidak hanya dialami oleh wanita bahkan para pria pun kerap mengalaminya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah.

1. Lindungi bibir Anda dengan krim pelembab bibir atau lip balm yang mengandung petrolatum dan beeswax. Oleskan lip balm yang mengandung sunscreen sebelum keluar rumah untuk mencegah bibir tersengat sinar matahari yang dapat menyebabkan bibir semakin kering.

2. Jangan pernah menjilat bibir Anda! Air liur bukannya melembabkan bibir, malah hanya akan membuat bibir semakin kering. Maka dari itu disarankan tidak memakai lip balm yang mengandung flavour atau rasa karena itu akan membuat Anda berkeinginan untuk menjilat bibir.

3. Rajinlah minum air putih. Air akan membantu kulit agar tetap terhidrasi (termasuk kulit bibir). Pasanglah pelembab atau humidifier di rumah Anda, hindari kontak dengan hal-hal yang dapat memicu alergi atau iritasi pada kulit (misalnya parfum atau kosmetik dengan pewarna yang tidak cocok bagi kulit).

READ:  5 Cara Mengisi Weekend di Bulan Puasa

4. Hindari memakai lipstick matte. Pada umumnya lipstick matte tidak mengandung pelembab cukup yang dibutuhkan kulit bibir walaupun hasilnya memang tahan lama.

5. Bernapaslah melalui hidung. Bernapas melalui mulut akan membuat bibir Anda mengering.

Bila bibir Anda tetap kering dan pecah-pecah setelah melakukan 5 tips tersebut, sebaiknya kunjungi dokter kulit agar Anda mendapatkan perawatan yang lebih tepat.

(photo: ndtv.com)