Manfaat Berenang Untuk Bayi

manfaat bayi berenangSedari kecil, anak-anak biasanya sudah suka bermain air. Perhatikan saja saat mereka dimandikan, mereka akan tampak riang gembira dan merengek ketika anda mengatakan bahwa waktu mandi sudah selesai.

Nah, mengapa tidak mengarahkan kesenangan tersebut ke hal yang positif dan berguna untuk anak? Ajarkanlah bayi anda berenang!

Usia 6 bulan merupakan saat yang tepat untuk mulai melatih bayi anda berenang, karena bayi sudah dapat duduk tegak dan mampu menyangga tubuh dengan baik.

Loading...

Latihan renang adalah sebuah proses. Mungkin pada awalnya bayi akan menangis dan merasa takut. Jangan dipaksakan. Latihan ini harus disesuaikan dengan kemampuan fisik bayi dan juga kemauannya. Semakin sering anda mengajaknya berenang, bayi akan merasa nyaman dan lebih berani di dalam air.

Mengajarkan bayi berenang sejak usia beberapa bulan dapat membantu mengembangkan keterampilan fisik nantinya. Sebuah studi menemukan, bayi yang berenang memiliki keseimbangan yang lebih baik dan lebih mudah untuk menangkap dibanding bayi yang tidak berenang.

Menurut para peneliti dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia (NTNU), perbedaan keterampilan ini bahkan sampai anak berusia 5 tahun.

READ:  Tindakan P3K Diare Pada Bayi

Penelitian lainnya di Melbourne, Australia, menyatakan bahwa terjadi perbedaan statistik IQ pada anak yang diajarkan berenang sebelum umur 5 tahun dan anak yang diajarkan berenang setelah 5 tahun. Selain perbedaan IQ, juga terjadi perbedaan pada  sisi emosional, sifat sosial dan petumbuhan fisik anak.

Selain itu banyak manfaat lain yang juga akan dihasilkan dari berenang, berikut ulasannya.

1. Anak-anak yang berenang sejak bayi memiliki perkembangan motorik yang lebih baik. Berenang membuat mereka belajar  bagaimana cara menggerakkan seluruh tubuh mereka, mulai dari tangan, kaki dan kepala.

2. Mereka akan terbiasa mengikuti instruksi atau mendengarkan kata-kata orang lain. Hal ini membuat kemampuan kognitif mereka berkembang yaitu berpikir, belajar, dan pemecahan masalah proses.

3. Bayi Anda nantinya akan lebih mudah beradaptasi dan bersosialisasi sejak dini dengan orang lain. Hal ini disebabkan karena saat mereka berenang biasanya bertemu dengan anak-anak lain.

4. Saat berenang, mereka belajar bagaimana orang tua mereka berbicara seperti saat memberikan instruksi untuk bergerak. Ini akan membantu mereka nantinya agar lebih cepat berbicara.

READ:  Ayo, Ajak Suami Menjadi Ayah ASI!

5. Berenang secara teratur juga dapat mempengaruhi nafsu makan dan pola tidur bayi Anda, juga meningkatkan daya tahan tubuhnya terhadap penyakit.

6. Jika bayi anda diajarkan berenang, mereka akan belajar lebih awal tentang menjaga keseimbangan, dipadu dengan pengalaman setiap kali latihan renang dan pembelajaran dari orang tua.

7. Bayi yang terbiasa berenang pada umumnya lebih tenang, nyaman dan tidak gampang rewel.

8. Latihan renang sejak dini akan membantu bayi untuk melatih keberaniaannya, sehingga pada saat dewasa  sudah terbiasa dengan olahraga air dan mampu mengatasi ketakutannya. Bayi juga belajar tentang life skill, bagaimana cara bertahan dan menjaga diri.

9. Melatih bayi berenang akan menguatkan ikatan antara orang tua dan anak.

**

Demikianlah manfaat berenang untuk bayi. Sekarang, Anda memiliki alasan untuk mengajak bayi Anda berenang setiap akhir pekan. Selamat berenang.

(foto: yowess.com)