Apa Itu Water Birth?

water birth

Water birth adalah proses persalinan yang dilakukan dalam air. Proses melahirkan dalam air atau kelahiran dengan menggunakan medium air telah menjadi hal yang menggemparkan.

Cara tersebut membutuhkan tenaga medis terlatih dan rumah sakit harus menyediakan kolam bersalin khusus (birth pool). Sterilitas air juga perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan infeksi pada ibu dan bayi saat lahir.

Water birth merupakan salah satu alternatif persalinan yang ditawarkan selain persalinan normal dan caesar. Metode ini terkenal di Indonesia pada tahun 2006 dan mulai diterapkan di beberapa rumah sakit dan klinik bersalin.

Ahli kesehatan mengakui bahwa proses persalinan dalam air memiliki kelebihan dibanding metode persalinan biasa. Sang ibu akan merasa lebih rileks karena semua otot yang berkaitan dengan persalinan menjadi elastis.

Metode ini juga akan mempermudah proses mengejan jadi nyeri selama persalinan tidak akan terasa. Metode persalinan ini juga  mengurangi risiko cedera pada kepala bayi.

Meskipun belum dilakukan penelitian mendalam tetapi para ahli kesehatan percaya bahwa yang lahir dengan metode ini memungkinkan bayi memiliki IQ yang lebih tinggi daripada bayi yang lahir dengan metode biasa. Sirkulasi darah bayi akan lebih baik, sehingga akan tubuh lebih cepat setelah bayi lahir.

Cara melakukan persalinan ini pun ada 2 yaitu ibu datang ke kolam saat memasuki pembukaan 6. Ibu cukup berada di kolam renang sampai akhir periode kontraksi. Proses melahirkan tetap dilakukan di tempat tidur.

Metode kedua, ibu melakukan proses kelahiran dalam air, tetapi resiko ini lebih besar karena kemungkinan bayi akan menelan air kolam. Karena itu dibutuhkan  bantuan dokter kebidanan dan ginekologi, serta spesialis anak yang akan memeriksa langsung saat bayi telah lahir. Jadi, jika ada gangguan bisa langsung terdeteksi dan ditangani.

Hipotermia atau suhu tubuh terlalu rendah bisa dialami jika ibu berada terlalu lama di dalam air karena itu bayi akan memiliki suhu  sekitar 37 derajat Celcius saat lahir sama dengan suhu tubuh ibunya.

**

Demikianlah sekilas mengenai water birth. Metode persalinan apapun yang kemudian menjadi pilihan calon Ibu tidaklah menjadi masalah, sepanjang Ibu dan bayi sehat wal’afiat dan tidak kurang suatu apapun.

(foto: specialbeginnings.com)


Topik Terkait: , , ,

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>