Mengatasi Jet Lag

jetlagTidur di pesawat, salah satu tips mengatasi jet lag

Jet lag adalah suatu kondisi fisiologis, yang secara medis disebut desynchronosis, yang biasanya terjadi ketika Anda melakukan perjalanan dengan cepat antara dua zona waktu yang berbeda.

Gejala Umum Jet lag

Kelelahan.
Pola tidur tidak teratur.
Insomnia.
Sakit kepala.
Diare.
Sembelit.
Mual.
Telinga sakit.
Pembengkakan tangan dan kaki.
Konsentrasi Buruk.

Loading...

Gejala akan sangat bervariasi tergantung pada perubahan zona waktu. Yang lebih ekstrim itu adalah gejala yang mungkin lebih parah. Biasanya, orang-orang bepergian dari barat ke timur atau sebaliknya sebaliknya cenderung mengeluh mengalami jet lag.

Tips Mengatasi Jet lag

Karena berbagai pengalaman, sulit untuk menemukan satu obat yang efektif untuk mengatasi jet lag. Namun tak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips berikut jika Anda mengalami jet lag:

1. Menyesuaikan diri dengan hal yang baru
Tergantung kemana Anda akan pergi. Bila Anda akan bepergian ke daerah timur sedangkan Anda sedang berada di barat, percepat waktu tidur Anda selama beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan untuk menyesuaikan dengan waktu tempat tujuan Anda.

READ:  6 Tradisi Yang Dilakukan Pada Saat Imlek

2. Siapkan psikologis.
Mulailah menyetel jam sesuai dengan jam tempat tujuan Anda agar Anda mulai terbiasa dengan waktu.

3. Tetap terhidrasi.
Karena Anda akan berada untuk waktu yang lama didalam pesawat, jagalah agar tubuh tetap terhidrasi dengan cara minum terus air ketika haus sepanjang perjalanan dan jangan lupa untuk membawa pelembab tubuh, tangan, pelembab wajah serta tetes mata untuk mencegah terjadinya kekeringan dikulit. Hindari alkohol dan minuman berkafein.

4. Gerakkan anggota badan.
Berada terlalu lama dalam pesawat (duduk di kursi) bisa membuat otot terasa kaku. Sesekali gerakkan anggota tubuh Anda dengan bangun dan berjalan di lorong-lorong kabin pesawat.Hindari latihan berat sebelum bepergian karena hanya akan mengganggu pola tidur Anda.

5. Makan yang cukup.
Jangan diet! Makanlah yang cukup agar tubuh tetap ternutrisi dan tubuh tetap fit. Namun, hindari karbohidrat dan lemak.

6. Mandi dengan air hangat sebelum tidur.
Hal ini berguna untuk mengendurkan oto-otot yang tegang sehingga tubuh akan rileks dan istirahat akan maksimal. Hal ini akan mengurangi efek jet lag.

READ:  7 Tips Menikmati Liburan Musim Panas

7. Singkirkan hal yang dapat mengganggu tidur.
Jika Anda beristirahat dengan cara tidur dalam pesawat, singkirkan hal-hal yang dapt mengganggu tidur Anda. Misalnya, headset yang masih terpasang ditelinga. Tutup mata Anda dengan penutup mata. Namun jangan memaksa tubuh untuk tidur secara berlebihan karena itu akan membuat Anda frustasi.

8. Melatonin
Melatonin aman hanya jika Anda hanya menggunakan sebagai obat jangka pendek. Melatonin, sebagai sekresi alami dalam tubuh kita yang mengatur ritme sirkadian kita sehingga dapat tidur dengan nyaman di malam hari. Melatonin biasanya suplemen yang tidak boleh diambil tanpa resep dokter.

(photo: health.ninemsn.com.au)