Tips dan Cara Mengurus e-KTP yang Hilang


mengurus ektp yang hilang

e-KTP hilang? Tenang dan jangan panik. Itulah saran pertama yang mesti Anda camkan berulang-ulang. Tak ada yang mau kehilangan seperti ini, namun ingatlah bisa jadi ini dikarenakan Anda sedang terlalu banyak bawaan sehingga tanpa sengaja salah meletakkan e-KTP yang berakibat terjatuh di jalan.

Lupakan dulu kalau masalah Anda lebih besar daripada sekedar bolehnya difotokopi atau tidak. Memang tak mengenakkan kehilangan dokumen negara seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).Terlebih ini e-KTP, Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

e-KTP atau KTP Elektronik sebagaimana dilansir e-KTP.com adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.

Autentikasi Kartu Identitas (e-ID) biasanya menggunakan biometrik yaitu verifikasi dan validasi sistem melalui pengenalan karakteristik fisik atau tingkah laku manusia. Ada banyak jenis pengamanan dengan cara ini, antara lain sidik jari (fingerprint), retina mata, DNA, bentuk wajah, dan bentuk gigi.

Pada e-KTP, yang digunakan adalah sidik jari. Penggunaan sidik jari e-KTP lebih canggih dari yang selama ini telah diterapkan untuk SIM (Surat Izin Mengemudi).

Sidik jari tidak sekedar dicetak dalam bentuk gambar (format jpeg) seperti di SIM, tetapi juga dapat dikenali melalui chip yang terpasang di kartu. Data yang disimpan di kartu tersebut telah dienkripsi dengan algoritma kriptografi tertentu.

Mendengar penjelasannya saja terbayang dalam sekejap berbagai kesulitan membanjiri pikiran.Pertama kali mengurus yang elektronik saja susah, apalagi kalau kehilangan? Apa kata Pak RT nanti? Apa harus berurusan dengan polisi?

Ini dia Langkah mengurus e-KTP yang hilang.

Berhenti di sana, ambil napas, dan tenangkan diri untuk mengatasinya selangkah demi selangkah. Tanpa bermaksud memperpanjang penderitaan Anda yang sedang kehilangan dokumen negara yang satu ini, berikut tips mengurus e-KTP yang hilang secara taktis:

1) Periksa terlebih dahulu dengan teliti

Benarkah e-KTP Anda hilang? Jangan-jangan ia masih di rental terakhir Anda menyewa yang belum dikembalikan? Sudahkah sudut rumah Anda diperiksa dengan benar? Bila jawabannya ya, lanjut ke langkah berikutnya.

2) Perkirakan waktu dan tempat saat kehilangan

Jika positif tak ada dalam rumah, ingat-ingat kembali kapan dan dimana terakhir kali Anda memegang e-KTP. Selain berguna untuk penelusuran, hal-hal tersebut menjadi referensi saat melaporkan kepada pihak kepolisian.

Bila memungkinkan telusuri tempat Anda terakhir mengingat membawa e-KTP, seperti tempat fotokopian mungkin, atau warung makan, dan tanyakan kepada petugas ataupun pelayan apakah pernah menemukan KTP yang tertinggal.

Terkadang jawabannya bisa mengejutkan karena ada KTP yang mereka temukan. Namun, jika itu bukan KTP yang dicari setidaknya Anda telah berusaha menelusurinya sebaik mungkin.

3) Laporkan kepada Polsek

Bila telah yakin bahwa KTP benar-benar hilang, buat laporan kepada Kepolisian Sektor domisili Anda sesuai KTP terlebih dahulu. Bawalah fotokopian Kartu Keluarga (KK), sebagai tanda bukti Anda warga sektor tersebut dan tak perlu takut.

Di samping tak ada yang mau melakukan kesalahan seperti yang satu ini, hal tersebut bukanlah tindak pidana. Percayalah, Anda tak kan ditempatkan dalam ruang redup dengan cermin satu sisi seperti dalam film Bourne Identity.

Lagipula Anda telah melakukan penelusuran sehingga dapat dengan percaya diri menjawab pertanyaan Pak Polisi yang ternyata tak seseram yang Anda duga, karena berkisar di antara kapan dan di mana kehilangan terjadi.

Selesai dari sini, Anda dapatkan surat keterangan kepolisian.

4) Datanglah ke kantor desa atau kelurahan

Sebenarnya, Anda perlu mendatangi Ketua RT terlebih dahulu namun untuk menghindari kekurangan berkas yang diminta kelurahan tanyakan terlebih dahulu ke kantor yang satu ini.

5) Mengurus ke Rukun Tetangga dan Rukun Warga

Setelah mendapat petunjuk dari kantor kelurahan, mulailah mengurus berkas yang diperlukan dimana berkas tersebut membutuhkan tanda tangan Ketua RT.

Siapkanlah:

  • Formulir pendaftaran KTP rangkap 2 (1 untuk kelurahan dan 1 untuk kecamatan). Bila Anda tak memiliki berkas ini dapat diminta sekaligus saat menemui Ketua RT.
  • 2 lembar foto 4 x 6 untuk ditempel ke formulir pendaftaran KTP
  • Surat pengantar sebagai warga (surat domisili) dari Ketua RT.
  • 2 lembar fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Bila telah ditandatangani dan distempel Ketua RT, jangan lupa untuk meminta pula kepada Ketua RW.

6)  Ke kantor kelurahan untuk mendapatkan stempel kelurahan

Bila berkas Anda telah lengkap ditandatangani dan distempel oleh Ketua RT serta RW, pihak kelurahan akan mengambil satu bagian formulir pendaftaran KTP Anda.

Sedangkan formulir satunya yang ditujukan untuk kecamatan akan dikembalikan untuk selanjutnya Anda serahkan sendiri kepada kantor kecamatan. Siapkan jumlah foto ekstra untuk mengantisipasi bila diperlukan.

7) Membuat KTP di kantor kecamatan

Akhirnya, datangilah kantor kecamatan ke bagian pengurusan KTP yang biasanya merupakan unit tersendiri. Serahkan berkas Anda, dan bila beruntung bisa langsung dibuatkan e-KTP.

Kebanyakan warga yang kehilangan e-KTP masih dibuatkan KTP format lama alias KTP biasa. Hal ini dikarenakan secara sistem orang yang telah diambil foto dan sidik jarinya menggunakan scanner E-KTP tidak bisa melakukan pengambilan untuk yang kedua kalinya.

Namun, menyusul berita banyaknya terjadi kesalahan cetak nama, alamat, serta masalah lainnya, menurut kabar akan ada ‘kesempatan kedua’. Sayangnya masih belum jelas kapan hal tersebut terealisir dan masih harus menunggu, namun setidaknya pada tahap ini Anda mendapat Kartu Tanda Penduduk, meskipun format yang lama.

***

Demikian, langkah taktis mengurus e-KTP yang hilang. Beberapa detil mungkin berbeda di beberapa daerah dan semua proses tersebut semestinya tanpa pemungutan biaya.

(foto: lamongankab.go.id)


Topik Terkait: ,
47 comments
wahyu rahmadhany
wahyu rahmadhany

mau nnay nih mas, klo ktp hilang trus kalo d bikin baru NIK ny masih sm dgn e-ktp lama ato NIK ny baru ya??
mohon jwab ny cepat ya mas. thanks

bayu handoko
bayu handoko

Wah ane domisili di kediri nih.. kena pungli besar ya kalo di Kediri? Dompet serta isinya udah ilang sejak oktober 2013 kemaren. Males ngurusnya.. kalo boleh ane tanya pengurusan e-ktp tuh masuk badan apa ya ? Biar tau kalo ada yg nakal ane mau laporin.. thanks

melisa
melisa

Hallo~ Mao tanya ni kenapa ktp saya lama keluar????

imran
imran

mau nanya...klau potokopynya msh ad gmna ya mas...

azri ardhian
azri ardhian

om... kalau waktu buat surat pindah... ktp dan surat pindahnya hilang gmana ? apakah masi bisa di urus?

bayu
bayu

Mas kalo buat surat keterangan tapi di Kantor polisi yang berbeda dengan ktp , semisal ktp domisili jakarta namun kehilangan di bekasi , apakah bisa minta surat kehilangan di kantor polisi bekasi ? Mohon penjelasannya

bangun
bangun

Kehilangan dompet beserta isinya membuat saya ndak bisa tidur mas.. :'( Polsek itu tempat yang buat SKCK bukan y?

Latifa Siti Handayan
Latifa Siti Handayan

saya mau nanya mas, E-KTP sya kmaren hilang tp sya dah pnya KTP biasa itu ??? Itu ngurus na sma yg kya mas ksih tau apa gk sah di urus??? dan apa msih hrus k"kntor polisi lg mas??

DesRhyn Waruwu
DesRhyn Waruwu

bah,,,, parah amet tuh jgn2 gw pon keq gtu q pon g kehilangan ni pening bawaannya ngurus ni dn it gk bs. terimakasih

DesRhyn Waruwu
DesRhyn Waruwu

seandainya saya berada di luar tempat pembuatan KTP saya yang sudah hilang, Kira2 solusinya bagaimana itu ? apakah yang harus saya lakukan ? terimakasih. :)

YUDI
YUDI

saya baru saja kehilangan e-ktp di daerah Jatim, sedangkan domisili saya di Papua Barat, setelah saya meminta surat kehilangan polsek Jatim, saya kirim ke papua untuk dibuatkan e-ktp saya.. ternyata e-ktp tidak bisa di cetak ulang, alasannya "YG BELUM JADI AJA BANYAK, MASAK MAU CETAK YANG KE DUA". Waduuuuhhhh... Solusinya : dri pihak Kecamatan menyarankan "Pakek aja surat kehilangan atau domisili bila dibutuhkan untuk mengurus sesuatu" nggak lucu kan kalo kita kemana-mana bawa surat kehilangan yang gedenya 1 lembar hvs itu... KAPOK DEH KEHILANGAN E-KTP

Nisa
Nisa

Kalau e-ktpnya hilang di tempat kuliah, sedangkan e-ktpnya dibuat di kampung halaman, pembuatan e-ktp yang baru dilakukan di mana?

andy
andy

permisi gan,mau tanya nih saya kehilang dompet yg dalam isinya ktp,sim,stnk,dan atm saya. beberapa hari yg lalu saya ke kantor lurah setempat,dan saya menanyakan bagaimana cara mengurus ktp,dan harus membawa persayaratan yg ada diatas ok itu semua udh lengkap dan satu lagi harus membawa foto copy e-ktp. nah saya kaget dia bilang gitu soalnya e-ktp saya gak ada saya foto copy apa lagi ktp yg lama juga gak ada lagi copy annya. nah saya tanya kalau tidak ada foto copynya gmn? mereka memjawab di kenakan denda,denda apa ? ya denda 300k / Rp 300.000 loh saya kaget itu anggota bilang seperti itu.orang niat mau ngurus kok di kenakan denda sebesar itu. yang mau saya tanya apa ada peraturan yg mengatakan denda 300k / Rp 300.000 itu di peraturan pemerintahan ?

vera
vera

Mau tanya, apakah ngurus e-ktp yang hilang harus ikut org yang punya e-ktp?

ulan rubylan
ulan rubylan

Mas mau tanya saya jg baru aja kehilangan dompet dan isi"a...klo setelah mengurus ke polisi bisa gk langsung k kantor kelurahan/camat buat bikin ktp tanpa harus ada surat keterangan dr RT/RW ? Lalu mau tnya klo hari sabtu kantor polisi'a nerima pengaduan kehilangan atau tidak ?

Darma Ekawati
Darma Ekawati

Mas, kalo boleh tau KTP nasional itu yang seperti apa yah?? Sy desember kemarin kehilangan e-ktp.. Pas ngurus di kecematan malah bilangnya belum ada prosedur yang jelas tentang penggantian e-ktp yang hilang

Leo
Leo

Kira2 berapa lama total waktu pengerjaan semua ini om?

Nur
Nur

mengurus ktp yang hilang barapa lama waktunya ya?

moly
moly

saya baru saja kehilangan dompet yang isinya e-ktp,ktm,krm plus kartu atm.Boleh tanya gak,anda ngurusnya itu sampai berapa lama? terus dapetnya e-ktp lagi atau ktp biasa?

Haru
Haru

Sedikit masukan,usahakan punya copy'an buat simpanan sekali waktu jika terjadi kehilangan.. Untuk mencari surat kehilangan itu bisa direka2,kalau biasanya buat ktp'nya di wilayah asal,bikin surat kehilanganya disitu juga bisa,bilang saja ilang di daerah situ juga..

tania
tania

boong mas kalo tanpa biaya (bukan mas nya yg boong ) saya malah diminta biaya pengatian kartu hilang dan bikin baru sebesar 100.000 per kartu ...

INDRA MIHARJA
INDRA MIHARJA

saya sudah melakukan hal demikian akan tetapi pihak dari kantor kecamatan mengatakan tidak bisa untuk dikeluarkan E KTP Yang baru akan tetapi menunggu s/d 2017 masa berlakunya E KTP tersebut,.. malah disarankan untuk mengganti KTP yang hilang bisa dibuat kembali yaitu KTP nasional ,... bagaimana dengan E KTP saya yang telah hilang ,. apakah tidak digunakan oleh pihak yang nantinya tidak bertanggung jawab,,... mohon jawabannya,...

anwar
anwar

mas mau nanya, jika ktpnya alamatnya di jatim tp skrang kita tinggal di jabar dan hilang dijabar. bisakah kita mengurus surat kehilangan dan ktp pengganti di jabar?

Gantengnya Diriku
Gantengnya Diriku

Pak. saya udah pernah kehilangan KTP. memang betul cara yang dijelaskan diatas. tapi aneh, kenapa setiap saya bikin surat baik ke polsek,RT/RW dan keluahan semuanya dipungut biaya??

raddy santoso
raddy santoso

terima kasih info nya, saya kehilangan dompet , isinya sim a sim c, ktp, stnk, dll apakah untuk buat surat keterangan kehilangan bisa di buat di polsek tempat tinggal saya? bukan i tempat kejadian? terima kasih.

Midis Purnando
Midis Purnando

kalau sudah buat surat kehilangan dari polsek tapi hilang mesti buat lagi, apakah datanya masih ada di polsek pak?

teruskancom
teruskancom moderator

@melisa Mungkin mbak belum tanyakan ke dinas terkait :)

Riyadh
Riyadh

Biasanya SKCK itu Polres. Cari kantor kepolisian terdekat di area kecamatan mas Bangun.

Riyadh Syami
Riyadh Syami

Kalau sudah punya KTP biasa tidak perlu mengurus sampai habis masa berlakunya, saya melamar pekerjaan dan lolos seleksi administrasi dengan KTP biasa KECUALI ada pengumuman dari RT dan RW atau instansi lain seperti kantor kelurahan dan kecamatan bahwa yang kehilangan e-KTP bisa mengurus lagi.

Riyadh Syami
Riyadh Syami

Buat surat kehilangan di kantor kepolisian, kemudian, kirimkan surat tersebut ke keluarga di tempat asal dan minta diuruskan di sana.

Riyadh
Riyadh

Saran saya, buat surat keterangan hilang di kepolisian tempat kuliah, lalu kirimkan kepada keluarga di kampung halaman minta diuruskan gantinya ...

Riyadh Syami
Riyadh Syami

Beberapa daerah seperti Pekanbaru dan Kediri pernah diberitakan memberlakukan denda, Bisa jadi hal itu tergantung perda-nya yang berbeda wilayah satu dengan yang lain.

Riyadh Syami
Riyadh Syami

Setahu saya tidak perlu, saat mengurusnya sendiri saya tidak disuruh didampingi yang punye e-ktp. Hati-hati kalau ada yang bilang begitu terutama yang ujung-ujungnya minta ongkos...

Riyadh Syami
Riyadh Syami

Masing-masing wilayah berbeda-beda. Tapi biasanya kelurahan meminta surat keterangan RT/ RW yang berisi penjelasan identitas, bukti sebagai warga RT RW, dan untuk apa kita perlu surat dari kelurahan, .Setahu saya kepolisian selalu buka menerima laporan.

Riyadh Syami
Riyadh Syami

KTP biasa tanpa ada chipnya... sementara itu yang jadi pegangan saya ...

Riyadh Syami
Riyadh Syami

Halo Nur. Seingat saya dulu butuh waktu 2 minggu, yang agak lama itu nentuin kapan ke kantor polisinya. Agak serem :)

Riyadh Syami
Riyadh Syami

Halo moly, turut bersimpati atas kesulitannya. Seingat saya proses itu memakan waktu 2 minggu, dan yang saya dapatkan adalah KTP biasa. Setidaknya sudah ada pegangan resmi daripada sekedar surat kehilangan kepolisian. Semoga lancar.

Riyadh Syami
Riyadh Syami

Turut prihatin mendengarnya. Jadi kapok kehilangan KTP... (curhat pengalaman pribadi),hihi :)

Riyadh Syami
Riyadh Syami

Tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut, saya juga hanya memegang KTP nasional, dikarenakan implementasi E-KTP masih baru, jadi masih belum banyak terpakai. Selain itu Anda juga sudah melaporkan kehilangan kepada kepolisian. Dengan KTP nasional saya juga menunggu untuk pengurusan e-KTP berikutnya.

Riyadh Syami
Riyadh Syami

Saya tidak punya pengetahuan langsung soal ini, tapi utamakan dulu surat kehilangan, bisa diurus di jabar. Dengan keterangan kepolisian tersebut, Anda mengurus ganti KTP yang sayangnya kemungkinan besar mesti dilakukan di jatim. Setelah jadi, baru Anda mengurus di jatim soal perpindahan alamat, untuk kemudian diurus di jabar. Kakak saya lama tinggal di Malang, kemudian pindah mengikuti suami ke Medan. Di sana dia kehilangan KTP, untuk mengurusnya, kami yang di Malang melaporkan kehilangan, menghubungi RT dan memperbaharui Kartu Keluarga. Berkas-berkas ini nantinya dijadikan pegangan kakak saya untuk mengurus lebih lanjut ke Medan. Saran saya hubungi Kepolisian, pihak keluarga di Jatim, dan juga Ketua RT di alamat Anda di Jatim. Informasi yang lebih akurat bisa didapatkan dari sumber-sumber tersebut. Semoga membantu.

sugenk
sugenk

seperti itulah negara kita berjalan pungli dianggap pantas dan lumrah,

Riyadh Syami
Riyadh Syami

Wah, kehilangan Anda lebih banyak. Semoga cepat terselesaikan. Pengalaman saya mengurus di polsek tempat tinggal kebetulan karena kehilangannya juga terjadi di wilayah sekitar. Namun dari pengamatan saya selama menjalani prosesnya, -dimana saya sempat berbincang juga dengan orang yang kehilangan dompet beserta isinya-, saya bisa menyimpulkan bahwa asalkan Kartu Keluarga Anda dapat diterima oleh Polsek maka surat keterangan bisa dibuatkan. Cobalah mengurus di polsek terdekat terlebih dahulu, jika tidak bisa biasanya akan diberitahu ke mana seharusnya mengurus. Tapi saya yakin di polsek terdekat sudah cukup. Semoga membantu, bila ada pertanyaan lagi silahkan komentar di sini.

Riyadh Syami
Riyadh Syami

Maaf mas Midis, untuk masalah data tersimpan saya kurang tahu. Saat saya mengurus surat kehilangan di polsek tempat saya mengurus, surat diketik dengan komputer. Tapi saya tidak tahu apakah disimpan untuk setiap pelapor ataukah hanya template yang gonta ganti nama tanpa disimpan. Yang jelas, semakin cepat Anda mengurus step kantor kepolisian, yang lainnya lebih mudah. Karena bgi saya step tersebut yang paling seram,hehe... Mengurus ke RT dan RW tidak lagi seram... :)semoga bermanfaat