Merawat Kulit Tubuh dengan Cara Sederhana

cara merawat kulitKulit adalah salah satu lambang kepercayaan diri seseorang.

Kulit merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif dalam menanggapi berbagai rangsangan seperti pada saat tersengat panasnya matahari, terkena benda panas ataupun pada saat musim hujan tiba.

Apa pun yang menyentuh tubuh maka yang pertama merasakannya adalah kulit kita.Dan apapun yang kita konsumsi, akan memberikan efek pada kulit baik secara langsung maupun tidak langsung.

Loading...

Nah, bagaimana cara agar kulit kita bisa terawat dengan baik dan terjaga kesehatannya?

Konsumsi buah

Mengomsumsi buah merupakan salah satu cara agar kulit kita tetap sehat dan terjaga. Mengkomsumsi buah bisa membantu kulit dalam hal regenerasi sel (pergantian sel kulit mati dengan sel yang baru), dalam istilah biologi kita kenal dengan nama apoptosis.

Nah, dengan mengkomsumsi buah secara rutin, diharapkan pergantian sel baru dengan sel yang telah mati akan membuat keremajaan kulit anda tetap terjaga sehingga kulit tidak terlihat kusam.

Konsumsi air putih

Air membantu kita memperlancar pencernaan. Hubungannya dengan merawat kulit yaitu jika proses metabolisme dalam tubuh dan peredaran darah kita terganggu maka efeknya bisa terlihat langsung di kulit.

READ:  Cara Menghilangkan Selulit Sebelum Hari Pernikahan

Biasanya timbul borok ataupun bercak-bercak kemerahan dikarenakan kurangnya suplai air yang masuk ke dalam tubuh. Kulit pu akan menjadi kering bahkan keringat dan elektrolit-elektrolit lainnya tidak lagi keluar lewat celeah-celah di kulit anda karena kurang minum.

Jadi jika ingin kulit anda tetap lembab dan sehat, jangan lupa komsumsi air sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Rajin dibersihkan

Terkadang aktifitas seharian membuat begitu banyak debu dan organisme-organisme lain yang menempel di sekujur tubuh kita dan itu jangan dipelihara.

Selepas beraktifitas jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian yang terbuka seperti wajah, karena jika tidak dibersihkan maka kotoran-kotoran tersebut akan menjadi menymbat pori-pori wajah dan akan tumbuh jerawat yang menganggu.

Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian lengan, pergelangan kaki dan bagian tersembunyi seperti ketiak lipatan lengan dan lipatan lutut.

Mandi dengan daun pandan

Ini hampir sama halnya dengan mandi kembang. Mandi dengan daun pandan yang sudah dimasak bisa membantu dalam meremajakan kulit anda dan juga membuat kulit menjadi harum tanpa ada efek-efek zat kimia yang berbahaya.

READ:  Tips Merawat Kulit dengan Jeruk dan Garam

Cara membuatnya sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasak daun pandan tersebut dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih, tarulah air rebusan daun pandan di ember lalu biarkan airnya dingin.

Pakailah airnya untuk mandi, dijamin anda akan merasa segar, wangi, dan peredaran darah di bagian kepala anda terasa lancar.

Jangan gunakan sembarang pelembab

Lagi-lagi dikatakan bahwa kulit adalah bagian yang sensitif di tubuh kita, sehingga jika anda memakai sembarang pelembab tanpa memperhitungkan efek kimianya maka itu bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit anda.

Jika terjadi iritasi pada kulit maka memungkinkan lagi terjadinya sesuatu yang lebih buruk lagi pada kulit anda seperti infeksi dan itu sangat tidak baik untuk kesehatan kulit anda.

Pakailah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda, dan jangan lupa untuk mengoleskannya setiap kali anda selesai mandi agar kulit anda tidak kering dan  tetap lembab terawat.

**

Demikianlah tips dan cara mudah merawat kulit. Kulit harus tetap terjaga dan terawat karena kulitlah yang melindungi organ tubuh kita dari luar, kulit yang merasakan semua efek dari hal-hal yang bersentuhan langsung dengan tubuh.

READ:  4 Rekomendasi Novel Romantis Populer Karya Penulis Kelas Dunia

Semoga bermanfaat.