Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

manfaat jagungJagung merupakan  salah satu makanan yang sudah mendunia dan dikomsumsi oleh berbagai kalangan di masyarakat.

Jenis makanan ini dapat diolah dengan beragam cara, direbus, goreng ataupun dibakar.

Di beberapa daerah tertentu, tanaman jagung bahkan dijadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti beras.

Sejumlah besar orang mengkonsumsi jagung tanpa sadar akan kandungan gizi dan manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari jenis makanan tersebut.

Tahukah anda bahwa jagung ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Begitu banyak kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya dan rasanya yang enak membuat orang-orang sangat menggemarinya.

Untuk lebih jelas berikut akan dipaparkan lebih lanjut mengenai manfaat jagung untuk kesehatan tubuh.

Memberikan kekuatan pada tulang

Jagung mengandung mineral-mineral seperti fosfor, mangan dan magnesium. Magnesium ini berfungsi dalam hal pertumbuhan tulang dan perlindungan bagi tulang sehingga menjadi kuat.

Sedangkan fosfor sangat penting bagi pemeliharaan pertumbuhan normal, kesehatan tulang  sehingga tidak mudah retak seiring bertambahnya usia dan fungsi ginjal normal.

Merawat kulit

Kandungan antioksidan dalam jagung membantu meremajakan kulit. Biasanya bagi yang terkena penyakit cacar, bekas-bekas cacar yang tertinggal di tubuh bisa dihilangkan dengan menggunakan jagung.

Selain itu tepung jagung juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan ruam dan iritasi pada kulit dengan cara mengoleskan tepung jagung pada kulit yang mengalami iritasi.

Memperlancar pencernaan

Jagung memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Seperti halnya buah-buahan dan sayuran lain yang mengandung serat, tentu fungsinya juga adalah untuk memperlancar proses pencernaan dalam tubuh kita hingga mencegah terjadinya kanker usus, sembelit dan juga wasir.

Penting bagi ibu hamil dan menyusui

Bagi ibu menyusui, mengkomsumsi jagung akan membuat ASI menjadi berlimpah dan bagi ibu hamil yang mengkomsumsi jagung sangat berguna karena jagung mengandung asam folat.

Asam folat ini berfungsi dalam menjaga janin dan jagung juga berfungsi mencegah bayi lahir dalam keadaan prematur seperti kekurangan berat badan dan terhindar dari cacat lainnya.

Melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit

Vitamin B dan asam folat yang terkandung dalam jagung mencegah terjadinya anemia yakni kondisi dimana sel darah merah berkurang dalam tubuh disebabkan karena kekurangan vitamin ini.

Jagung juga mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler yaitu penyakit kelainan yang terjadi pada jantung dan pembuluh darah ini dikarenakan jagung bersifat anti-aterogenik.

Selain itu kandungan phytochemical fenolik pada jagung menambah fungsi jagung sebagai obat hipertensi (naiknya tekanan darah sehingga kondisinya abnormal) dan yang terakhir jagung mencegah terjadinya Diabetes melitus karena pengolahan non-insulin pada tubuh menjadi lebih efektif.

**

Nah itulah manfaat kesehatan dari jagung. Semoga dengan mengkomsumsi makanan ini maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat.

(foto: pixelatedcrumb.com)


Topik Terkait: , ,

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>