Resep Sehat Wedang Jahe Hangat

wedang jaheWedang jahe bisa menjadi minuman hangat yang dapat menyehatkan karena jahe sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat menghancurkan lemak dalam tubuh.

Selain menghancurkan lemak, jahe juga memiliki kegunaan lain sebagai berikut:

1. Jahe mengandung gingerol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Loading...

2. Jahe juga dapat memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi dan akhirnya menimbulkan rasa mual. oleh karena itu, jika anda sedang dalam perjalanan dan khawatir mual, anda dapat mempersiapkan minuman/makanan yg mengandung jahe.

3. Jahe mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan efek negatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih tahan terhadap serangan pilek dan flu.

4. Jahe juga dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah sehingga darah pun mengalir lebih cepat dan lancar. Tubuh jadi terasa lebih hangat dan kerja jantung memompa darah pun menjadi lebih ringan.

Banyak sekali kegunaan mengkonsumsi jahe. Anda pun juga dapat mengkonsumsi jahe di rumah dengan membuat salah satu alternatif resep seperti wedang jahe. Anda juga dapat menambahkan susu, agar terasa lebih nikmat.

READ:  Yuk, Buat Sendiri Eyeshadow Anda!

Wedang jahe paling enak dikonsumsi saat cuaca dingin dan saat hujan. Bahannya pun mudah didapat dan gampang dibuat.

Berikut resep wedang jahe hangat dan sehat.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 bonggol jahe ukuran sedang, dibakar, dikupas, dimemarkan
  • 2 sendok makan susu kental manis
  • 200 gram gula merah
  • 3 sdm gula pasir
  • 5 butir kapulaga
  • 3 cm  kayu manis
  • 5 butir cengkih
  • 1 liter air

Cara membuat:

  1. Rebus air, jahe, kayu manis, cengkeh, kapulaga, gula pasir, gula merah. Masak sambil diaduk sampai mendidih dan biarkan mendidih selama menit.
  2. Angkat wedang jahe, kemudian disaring. Tambahkan susu kental manis. Aduk rata.

**

Demikianlah resep dan cara membuat wedang jahe hangat. Cocok dinikmati bersama keluarga sambil bersantai ditemani pisang goreng panas ataupun ubi goreng.

Anda boleh menambahkan apabila ingin rasa susu-nya lebih terasa atau mengurangi susu apabila tak suka wedang jahe dengan variasi susu dan lebih menginginkan rasa jahe yang original.

Selamat mencoba.

(foto: deviantart.net-by_Ronaldpanda)