Waspadai Efek Samping Facial Wajah

efek samping facialWanita mana yang tidak suka facial? Semua kalangan menyukainya. Efek yang ditimbulkan setelah melakukan facial membuat Anda seperti terlahir kembali dengan suasana wajah yang berkilau.

Tapi sebelumnya tahukah Anda, apa itu facial? Facial adalah kegiatan pembersihan wajah yang biasanya menggunakan minyak, arus listrik, krim dan beberapa pijatan pada wajah.

Facial dapat memberikan beberapa manfaat pada wajah Anda yaitu membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati pada wajah yang dapat menjadi penyebab utama terjadinya jerawat.

Namun ada beberapa hal yang harus Anda harus sadari bahwa di samping memberikan efek positif untuk wajah, bisa saja timbul efek negatif dari facial yang mungkin disebabkan oleh prosedur yang tidak tepat.

Berikut beberapa efek samping dari facial yang mungkin terjadi pada wajah Anda.

Kemerahan dan iritasi

Saat Anda selesai facial, Anda memang merasa seperti kulit wajah Anda baru saja melepaskan sebuah topeng. Tapi saat Anda bercermin yang akan Anda lihat pada wajah Anda yaitu kulit yang tampak kemerahan bahkan dapat terjadi sedikit iritasi atau muncul sedikit jerawat setelahnya.

Ini bisa saja disebabkan karena terlalu kerasnya krim atau penggunaan alat yang digunakan pada wajah Anda. Atau mungkin karena  prosedur yang kurang tepat.

Karena itu saat wajah Anda mengalami iritasi, gatal atau kemerahan setelah facial, Dr Amy Wechsler, seorang dokter kulit, menyarankan untuk mencuci wajah Anda dengan menggunakan air dingin dan susu untuk meredakan iritasi pada wajah.

Reaksi Dengan Makeup

Hindari menggunakan makeup setelah facial. Beberapa kulit wajah akan bereaksi buruk saat menggunakan makeup setelah facial bahkan beberapa produk makeup menyebabkan kulit menjadi berjerawat dan berubah warna.

Jika Anda harus kembali bekerja setelah melakukan facial dan mengharuskan Anda untuk menggunakan makeup, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau klinik tempat Anda akan melakukan facial.

Jerawat

Saat facial, lapisan kulit pada wajah Anda akan sedikit berkurang. Menurut Barbara Victoria Galagusz, RN hal ini karena saat Anda melakukan facial, secara tidak langsung krim yang digunakan pada wajah Anda akan  melepaskan kotoran yang terperangkap di bawah permukaan kulit.

Karena itu, jika wajah Anda termasuk dalam jenis kulit yang sensitif dan sulit untuk menerima krim, masker atau bahan kimia maka akan menimbulkan beberapa jerawat untuk efek jangka pendeknya.

Jaringan Parut Permanen

Menurut beberapa ahli kecantikan, facial yang dilakukan tidak berdasarkan prosedur dapat menyebabkan jaringan parut permanen pada wajah Anda.

Karena itu bila ingin facial, sebaiknya lakukan pada klinik atau salon yang berpengalaman dan tanyakan mengenai prosedur apa saja yang akan dilakukan selama facial. Ini akan menghindari kekecewaan Anda nantinya dan membuat Anda lebih puas.

**

Demikianlah efek samping yang mungkin timbul setelah Anda facial. Ingin tampil cantik memang keinginan yang wajar, tapi bagaimana bila keinginan tersebut malah merusak kulit wajah Anda? Perawatan kecantikan alami akan jauh lebih baik dan meminimalisir efek samping yang mungkin timbul.

Semoga bermanfaat.

(foto: thetimes.co.uk)

Topik Terkait: , ,

3 Komentar

  1. Facial sangat menyakitkan cukup merusak kulit sendiri,

  2. Baru pertama x facial malah jerawat muncul,muka bintik" merah..padahal tadinya saya hampir gak pernah jerawatan

  3. muka saya koq abis facial langsung jerawatnya banyak..

Berikan Komentar