Berjuta Manfaat Budidaya Jagung

budidaya jagungOlahan makanan dari jagung semakin beragam, bukan hanya sebatas jagung rebus, jagung bakar atau perkedel saja.

Sekarang sudah begitu banyak jenis makanan yang terbuat dari jagung, bahkan bahan makanan dari jagung juga semakin banyak digunakan, misalnya saja gula jagung dan beras jagung yang dikonsumsi orang-orang yang membatasi asupan gula untuk tubuhnya, biasanya digunakan oleh para penderita diabetes dan yang lagi diet gula.

Sehingga, dengan banyaknya olahan jagung tersebut, peluang usaha bertanam jagung menjadi sebuah peluang yang cukup menggiurkan bagi mereka yang mengerti dan memahami bisnis budidaya jagung ini.

Loading...

Selain kelebihan jagung sebagai tanaman berprotein tinggi dan mengandung gula yang baik untuk darah, jagung juga bisa dijadikan makanan pokok alternatif dan banyak pilihannya.

Budidaya Tanaman Jagung

Berinvestasi dalam budidaya jagung bisa menjadi pilihan jika kita juga bisa dan mampu dalam menjalankan prosesnya sebaik mungkin, mulai dari proses mendapatkan bibit dan penanamanm serta pemilihan lahan yang tepat untuk bertanam jagung. Jagung sendiri merupakan komoditi pangan terbesar kedua di Indonesua setelah padi, dan jagung memiliki tempat tersendiri bagi penggemarnya.

READ:  Alasan Mengapa Orang Suka Menunda dan Bagaimana Mengubahnya

Jagung sebagai tanaman palawija, memang produksinya selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, bahkan mencapai peningkatan 20 – 30% lebih baik dari tahun ke tahun . Dan ini merupakan salah satu kelebihan dari tanaman jagung, meskipun berumur pendek namun produksinya tetap stabil dan menjanjikan.

Dalam budidaya jagung, ada hal mendasar yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan bibit, penanaman dan pemeliharaan tanaman jagung. Untuk artikel ini, kami akan membahas mengenai pemilihan bibit jagung. Berikut ulasannya:

Tips Memilih Bibit Jagung

Tentu saja memilih bibit jagung merupakan faktor awal yang penting dalam budidaya jagung. Logikanya, bagaimana mungkin tanaman jagung akan tumbuh baik dan menghasilkan panen menuaskan jika yang ditanam adalah bibit yang kurang bagus? Karena itu, pastikan untuk memilih bibit unggul akan mendapatkan hasil produksi yang diharapkan.

Ada beberapa hal yang wajib dipertikan dalam pemilihan bibit jagung yaitu:

  • Tongkol jagung yang dipilih sebagai bibit haruslah sudah tua, berukuran besar, panjang dan langsing. Tongkol ini berasal dari tanaman jagung yang sehat dan kuat, juga telah tua.
  • Pastikan tongkol jagung dipilih memiliki rambut yang banyak. Tongkol ini kemudian akan dijemur sampai kering untuk mendapatkan bibit jagung yang baik.
  • Perhatikan klobot jagung, harus rapat dari ujung hingga pangkal daun jagung. Dan biji-biji jagung berada dalam satu garis lurus.
READ:  11 Tips Jadi Copywriter Hebat

Manfaat Budidaya Jagung

Selain buahnya, jagung memiliki banyak kegunaan, sebut saja kulit jagung, daun muda, daun tua dan batang jagung semuanya bisa dimanfaatkan.

Batang dan daun jagung muda bisa digunakan untuk pakan ternak. Sedangkan batang dan daun jagung tua bisa dimanfaatkan untuk pupuk kompos. Batang dan daun jagung kering bisa untuk kayu bakar, bisa untuk membuat bubur kertas.

Untuk buahnya sendiri, juga dapat dimanfaatkan baik masih muda atau sudah tua. Buah jagung muda bisa untuk sayuran, biji jagung tua bisa untuk pengganti beras, untuk membuat berondong jagung, pakan ternak, bahan baku industri bir, farmasi, tekstil dan sebagainya.

Jadi tidak ada ruginya menjadikan jagung sebagai ladang bisnis anda.