5 Manfaat Kesehatan dan Nutrisi Buah Stroberi

manfaat stroberi

Stroberi menjamur di mana-mana. Dari rasa es krim, yoghurt, minuman, snack anak-anak, sampai dodol yang terbuat dari stroberi juga ada.

Meski begitu, tetap saja  nutrisi buah segar aslinya merupakan yang terbaik. Buah dengan tekstur berairnya yang lezat ini ternyata memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang dapat menyaingi bayam dan makanan sehat lainnya.

Apakah  stroberi termasuk buah favorit Anda?  Jika begitu, ada kabar baik untuk akan kandungan gizi dan manfaat stroberi untuk kesehatan.

EatingWell.com, sebuah situs yang khusus membahas resep dan berbagai makanan sehat melansir lima manfaat dan nutrisi dari buah stroberi:

1. Melindungi Jantung Anda

Sebuah studi yang diterbitkan Harvard pada bulan Januari menemukan kaitan antara mengkonsumsi buah berry dengan penurunan resiko serangan jantung di antara wanita berusia muda.

Studi ini diikuti oleh wanita berusia  25-42 tahun yang makan lebih dari 3 porsi (masing-masing terdiri dari setengah cangkir)  buah stroberi dan/atau buah blueberry setiap minggunya selama rentang waktu 18 tahun. Apa hasil temuannya?

Para wanita ini memiliki penurunan risiko serangan jantung sebesar 34 persen  dibandingkan  mereka yang mengonsumsi kurang dari satu porsi per minggu.

Para peneliti merujuk pada kandungan antosianin buah ini sebagai faktor pelindung. Dan semakin merah  buah berry yang Anda makan, semakin banyak kandungan antosianinnya.

2. Menjaga Kesehatan Gigi

Stroberi adalah sumber makanan ketiga terbaik untuk polifenol (setelah kopi dan zaitun), demikian menurut  Journal of Dentistry review tahun 2009.

Hal ini merupakan kabar baik karena peneliti percaya bahwa senyawa ini menghambat pemecahan pati di dalam mulut (sehingga membatasi gula lengket yang dihasilkan yang  melekat pada gigi sebagai plak) serta melawan bakteri yang berkontribusi terhadap penyakit dan kerusakan gigi.

3. Memberikan Vitamin

Satu cangkir irisan stroberi menyediakan 163% dosis harian vitamin C (lebih banyak dari jeruk utuh) dan 12% Nilai Harian (Daily Values/ DV) kandungan serat, serta 9% DV vitamin B folat, hanya dengan 46 kalori.

Simpanlah  buah ini secara utuh di dalam lemari es sehingga mereka mempertahankan sebagian besar kandungan vitaminnya atau  carilah buah yang telah dibekukan secara utuh, yang menyimpan lebih banyak nutrisi dibandingkan buah yang telah diiris atau ditumbuk sebelum dibekukan.

4. Memadamkan efek samping gula

Baru-baru ini dalam sebuah penelitian di Finlandia,  ketika wanita yang sehat mengonsumsi roti putih dengan stroberi, respon glikemik mereka terhadap roti meningkat sebesar 36 persen lebih melebihi  subyek yang makan hanya roti.

Peneliti menjelaskan bahwa kandungan polifenol dalam stroberi memperlambat pemecahan dan penyerapan karbohidrat, sehingga mengurangi kebutuhan insulin untuk menjaga kadar gula darah normal.

Dan dalam studi terbaru yang lain sebagaimana diterbitkan British Journal of Nutrition, ketika orang dewasa dengan obesitas mengonsumsi baik minuman stroberi ataupun plasebo yang dikombinasikan dengan makanan tinggi karbohidrat, peminum  stroberi menunjukkan penurunan signifikan pada  peradangan berpotensi merusak yang biasanya mengiringi makanan tinggi karbohidrat.

5. Menghambat Kanker

Penelitian semakin mengarah pada buah stroberi sebagai ‘pembangkit tenaga listrik’ anti-kanker, meskipun  kebanyakan penelitian hingga saat ini sebagian besar meneliti ekstrak dan bubuk stroberi.

Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan November oleh International Journal of Cancer menunjukkan bahwa ekstrak stroberi menghambat pertumbuhan tumor paru pada tikus yang terpapar asap rokok, dan uji klinis di China pada tahun 2012 menunjukkan bahwa bubuk stroberi kering yang dibekukan berpotensi mencegah kanker kerongkongan.

Telah ditemukan juga bahwa stroberi merupakan pelindung terhadap kanker jenis  lainnya, meliputi kanker mulut, payudara, dan leher rahim.

***

Demikian lima manfaat kesehatan dan nutrisi buah stroberi. Untuk yang menyukainya, konsumsi 3 porsi setiap minggu terbukti sehat. Dan untuk yang belum pernah mencobanya, segeralah mencicipinya!

(foto: _an_li - flickr.com)


Topik Terkait: , , ,

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>