Kandungan dan Manfaat Kesehatan Lada Hitam

manfaat lada hitam

Ada dua jenis lada atau merica yang selama ini kita kenal dengan baik, yaitu lada hitam dan lada putih. Pada dasarnya sama saja, hanya berbeda pada pengolahan setelah masa panen.

Black pepper atau lada hitam adalah sejenis ramuan rempah-rempah yang berasal dari tanaman Piper nigrum L yang umumnya digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan.

Lada hitam memiliki rasa tajam dan pedas. Siapa sangka, dibalik rasa pedas menyengat yang dimiliki oleh lada hitam, tersimpan manfaat luar biasa bagi kesehatan Anda.

Kami berbagi kandungan dan manfaat kesehatan lada hitam.

Kandungan Lada Hitam

Lada hitam mengandung piperin dan juga amina alkaloid yang memberikan rasa pedas pada lada saat dikonsumsi. Kandungan tersebut diyakini dapat meningkatkan sekresi enzim sistem pencernaan.

Piperin dalam lada hitam berguna sebagai anti-depresan dan meningkatkan produksi endomorphins untuk otak dan dapat mengurangi rasa sakit dan menjaga kesehatan mental.

Lada hitam jika dimakan biasanya akan membuat tubuh berkeringat. Proses ini secara tidak langsung dapat membantu mengeluarkan racun tubuh melalui keringat dan berkemih.

Kandungan antioksidan dalam lada hitam cukup tinggi dan dapat mencegah radikal bebas.  Hal ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda agar tidak gampang terkena penyakit.

Lada hitam juga mengandung vitamin A, vitamin C, lycopene, karoten, cryptixanthin, dan zea-xanthin.

Manfaat Kesehatan Lada Hitam

  • Menjaga Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat kesehatan luar biasa dari  lada hitam adalah dapat membantu dan menjaga sistem pencernaan Anda.

Ketika Anda mengkonsumsi lada hitam, selera makan Anda akan meningkat dan secara tidak langsung akan mengirimkan sinyal ke perut untuk meningkatkan produksi asam klorida. Asam ini membantu tubuh Anda mencerna makanan sehingga membuat Anda bebas dari gangguan sistem pencernaan.

Lada hitam juga dapat mencegah pembentukan gas dalam usus dan mengurangi gangguan perut.

  • Mengatasi Anorexia

Anorexia adalah gangguan makan yang ditandai dengan pembatasan nafsu makan karena keinginan menghindari kenaikan berat badan. Anorexia biasanya ditemukan pada wanita dibanding pria.

Nah untuk Anda yang menderita anorexia ringan, lada hitam dapat membantu mengatasinya. Lada hitam dapat membantu Anda untuk mendapatkan kembali selera makan yang sempat hilang karena lada hitam memiliki kandungan yang dapat merangsang nafsu makan.

  • Menyembuhkan Luka

Manfaat kesehatan lain yang menakjubkan dari lada hitam adalah dapat menyembuhkan luka. Saat Anda terkena luka seperti goresan pisau, taburkan taburkan lada hitam di atas luka atau goresan tersebut.

Ini akan membantu menghentikan pendarahan dan dapat membunuh kuman dalam luka.

  • Meredakan Flu

Untuk Anda yang sedang menderita flu, saat yang tepat untuk menambahkan lebih banyak lada hitam pada masakan Anda. Lada hitam akan melancarkan aliran darah di kepala dan melonggarkan saluran pernapasan yang mampet karena flu.

Sensasi pedas merica sangat cocok untuk gejala-gejala yang timbul akibat influenza yaitu kepala pusing, mual dan perut yang kembung.

  • Menambah Gairah Seks

Lada hitam ternyata berpotensi sebagai makanan afrodisiak yaitu jenis makanan yang akan membuat gairah seks meningkat. Kandungan piperin dalam lada hitam-lah yang menyebabkannya.

**

Lada hitam memang memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh Anda. Tapi harap diingat agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya karena akan timbul efek samping berupa jantung berdebar-debar.

Topik Terkait: , , ,

Berikan Komentar