Cara Mengatasi Warna Jeans yang Memudar

mencuci jeansWarna jeans yang memudar adalah satu masalah yang mungkin pernah dirasakan oleh siapa saja.

Ketika Anda membeli jeans baru, Anda tentunya ingin menjaga warnanya agar tetap terlihat baru meskipun telah dicuci berulang-ulang. Sayangnya, jeans adalah bahan yang akan memudar seiring dengan waktu, dan Anda tidak bisa mencegah hal itu kecuali dengan tidak mencucinya.

Sebenarnya ada beberapa teknik khusus yang dapat digunakan untuk mencuci jeans di rumah.

Teknik yang satu ini dapat membantu menjaga warna jeans Anda agar tidak pudar serta menjaga bentuknya agar tidak melar. Anda hanya perlu tahu teknik yang tepat.

Cobalah mencampurkan garam ke dalam air rendaman ketika akan mencuci jeans. Selain sebagai bumbu dapur, garam juga baik digunakan untuk mencuci jeans, karena mampu mencegah pudarnya warna jeans.

Lalu bagaimana caranya.? Simaklah langkah-langkah mencuci jeans berikut:

> Sediakan ember yang berisi air dingin di dalamnya, kemudian masukkan 2sdm (dua sendok makan) garam.

> Setelah itu rendam jeans Anda pada campuran air dan garam tersebut lalu diamkan selama kurang lebih satu jam. Jangan menggunakan air hangat ketika mencuci karena dapat memudarkan warna jeans. Jadi gunakan air dingin untuk mencuci.

READ:  6 Perawatan Khusus Celana Jeans

> Setelah direndam dalam larutan garam, jeans tidak boleh digosok atau dikucek terlalu keras, karena hal itu akan membuat jeans Anda menjadi melar. Oleh karena itu lakukan secara perlahan-lahan.

> Lalu cuci jeans Anda seperti biasa dengan menggunakan deterjen yang cocok untuk jeans. Balik jeans Anda, sehingga posisi bagian dalam berada di luar dan sebaliknya. Hal ini akan mengurangi gesekan pada bagian luar jeans dan mengurangi kemungkinan warna memudar.

> Bilas jeans dengan air bersih sampai busa berkurang, kemudian dijemur. Setelah kering, rapikan dan lipat untuk dimasukkan dalam lemari.

Mencampur garam ke dalam air rendaman adalah salah satu metode terbaik untuk menjaga warna jeans agar tidak pudar. Noda-noda akibat makanan atau lumpur juga dapat dihilangkan dengan garam.

Dan Anda tidak perlu menggosok pakaian dari kain untuk menghilangkan nodanya. Selain itu jika Anda mencampurkan garam dalam air rendaman, warna pakaian tidak akan luntur sehingga tidak akan mengotori pakaian yang lain.

Selain garam, cuka juga dapat Anda gunakan untuk mencuci jeans agar warnanya tidak pudar. Cuka juga mampu menjaga kelenturan bahan jeans agar tidak melar.

READ:  Cara Mudah Untuk Menyembunyikan Ketombe

Jadi itulah tips yang dapat Anda coba jika ingin menjaga warna jeans Anda seperti baru, agar penampilan Anda tetap terlihat fantastis.

(foto: kimbrooksstyle.com)